Jadwal Kegiatan Paus Fransiskus di Indonesia 3-6 September

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Kantor Pers Tahta Suci Vatikan resmi mengumumkan agenda aktivitas Paus Fransiskus selama di Indonesia.

Mengutip laman resmi Vatikan, Paus Fransiskus dijadwalkan berangkat dari Bandara Roma-Fiumicino, Italia, ke Jakarta pada 2 September. Paus Fransiskus bakal tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 3 September.

Selanjutnya, Paus bakal menghadiri upacara selamat datang dan berjumpa Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, pada 4 September.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada hari nan sama, Paus Fransiskus bakal melakukan sejumlah pertemuan di antaranya dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di aula Istana Negara. Kemudian, pertemuan dengan personil Serikat Jesus (SJ) di Kedutaan Besar Vatikan.

Lalu, pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga Jakarta dan pertemuan dengan kaum musah Scholas di Grha Pemuda.

Pada 5 September, Paus bakal mengikuti pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal dan pertemuan dengan penerima faedah organisasi kebaikan di instansi pusat Konferensi Waligereja Indonesia. Paus Fransiskus kemudian bakal datang dalam misa kudus di Stadion Gelora Bung Karno.

[Gambas:Video CNN]

Pada 6 September, Paus Fransiskus bakal bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta menuju Bandara Port Moresby, Papua Nugini.

Sebelumnya, Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Thomas Ulun Ismoyo menceritakan proses di kembali rencana kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024 mendatang.

Ia mengatakan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia semestinya dijadwalkan pada 2020 lalu. Namun, rencana saat itu tertunda lantaran pandemi virus corona (Covid-19) merebak secara global.

"Dan kita berterima kasih tahun 2024 ini Paus berkenan datang di Indonesia," kata Thomas saat berbincang dengan CNNIndonesia.com di area Gereja Katedral Jakarta, Selasa (2/7).

Thomas mengatakan kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia lantaran diundang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Baginya, kehadiran Paus ke Indonesia tak lepas dari hubungan nan erat dua negara selama ini.

Ia merasa berterima kasih pemerintah terus memberikan support hingga kunjungan Paus Fransiskus terlaksana di September 2024 mendatang.

"[Bantuan pemerintah] Baik dari sisi mengundang, berkoordinasi maupun siapkan segala sesuatu. Sehingga sampai saat ini segala proses kerja sama dengan pihak pemerintah berjalan dengan baik," kata dia.

(fby/end)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional