Jejak Erwan Setiawan, Anak Dedengkot Persib Kini Maju Pilgub Jabar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 28 Agu 2024 16:52 WIB

Erwan Setiawan, cawagub Jabar pendampng Dedi Mulyadi pernah berkompetisi di Pilwalkot Kota Bandung melawan Ridwan Kamil. Dia adalah anak dari Umuh Muchtar. Dedi Mulyadi berbareng Erwan Setiawan mendaftar ke KPU Jabar. (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

Bandung, CNN Indonesia --

Kader Partai Golkar Erwan Setiawan yang juga merupakan mantan wakil bupati Sumedang, didapuk berpasangan dengan Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024.

Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan resmi mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Jabar dan wakil gubernur Jabar ke KPU, pada Selasa (27/8).

Pasangan ini merupakan campuran kekuatan politik dari lima partai nan berkoalisi yakni Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat dan PSI. Partai-partai itu tergabung dalam koalisi Indonesia Maju (KIM).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sosok Erwan bukan seorang pendatang baru di perpolitikan Jabar. Erwan pertama kali terjun ke politik, pada tahun 2009. Ia terpilih menjadi Ketua DPRD Kota Bandung periode 2009-2013.

Setelah itu, Erwan mencoba maju pada Pilwakot Bandung 2013. Namun dia kalah melawan Ridwan Kamil.

Erwan kembali menjadi personil DPRD Kota Bandung periode 2013-2019. Dari situ pekerjaan politiknya moncer. Ia pun terpilih menjadi wakil bupati Sumedang periode 2019-2023.

Selain di politik, Erwan juga termasuk orang nan aktif di organisasi. Ia tercatat sebagai personil Exco PSSI Jabar periode 2021-2025. Ia juga merupakan personil Kosgoro 2023 sampai dengan saat ini.

Erwan diketahui telah mengenyam pendidikan sejak Sekolah Dasar hingga lulus kuliah di Kota Bandung. Erwan Setiawan memulai jenjang pendidikannya dengan sekolah di SD Santo Yusup (lulus 1983); lampau sekolah di SMP BPI 1 (lulus 1986); dan lanjut ke SMA BPI 1 (lulus 1989).

Usai SMA, Erwan Setiawan berkuliah di Politeknik Industri dan Niaga Bandung (lulus 1996); kemudian melanjutkan studi di Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana (lulus 2008).

Di sela-sela mengenyam pendidikan, Erwan juga miliki sebuah CV, berjulukan CV Ganeca Kiara. Pada CV tersebut, dia menjabat sebagai direkturnya hingga kini.

Nama Erwan melejit tak lepas dari sosok ayahnya. Erwan merupakan anak dari tokoh Jabar serta sesepuh dari Persib Bandung, Umuh Muchtar.

(csr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional