Jejak Kepemimpinan Iyos Somantri Jaga Konservasi Geopark Ciletuh

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Bupati Sukabumi periode 2021-2026 Iyos Somantri merupakan sosok krusial dalam penggalakan konservasi alam.

Sebagai Ketua Harian Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGP), dia berkedudukan dalam mempertahankan status Ciletuh-Palabuhanratu sebagai UNESCO Global Geopark serta memastikan kelestarian alam area tersebut melalui beragam inisiatif.

Pada 2022, Iyos berkontribusi besar terhadap keberhasilan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi agar kembali mendapatkan Green Card UNESCO dan tetap menyandang sebagai Geopark UNESCO.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bentuk keseriusannya nan lain ditunjukkan dengan karya ilmiah miliknya nan berjudul "Kolaborasi Pengembangan Kawasan Geopark dalam Mewujudkan Destinasi Pariwisata Berkelas Dunia (World Class Tourism) di Provinsi Jawa Barat".

Karya ilmiah hasil kajiannya tersebut menjadi referensi pengakuan Ciletuh sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark oleh PBB.

Selain itu, sebagai ketua harian Badan Pengelola (BP) Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGP), Iyos memastikan keterlibatan masyarakat untuk turut serta dalam konservasi area Geopark.

Sebelum menduduki posisi strategis seperti sekarang, laki-laki kelahiran Tasikmalaya, 19 Januari 1963 tersebut menempuh pendidikan S1 di FISIP Administrasi Negara di Universitas Pasundan, kemudian melanjutkan S2 di Universitas Padjajaran Bandung dengan konsentrasi Ilmu Pengetahuan.

Iyos memulai pekerjaan pemerintahannya pada 1990 sebagai Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan di Kecamatan Cibadak. Kariernya di pemerintahan semakin menanjak dengan menduduki beragam posisi strategis.

Ia pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah pada 2011, lampau diangkat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi pada 2015.

Pada Pilkada 2020, Iyos Somantri terpilih sebagai Wakil Bupati Sukabumi mendampingi Marwan Hamami. Selama menjabat sebagai wakil bupati, Iyos dikenal sebagai sosok nan berkomitmen dan berdedikasi tinggi terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sukabumi.

Ia berangkat dengan semboyan "Harapan Baru Sukabumi." Dengan segudang pengalaman dan visi nan jelas, Iyos berkeinginan untuk membawa Kabupaten Sukabumi menuju masa depan nan lebih cerah dan sejahtera.

Iyos Somantri menjadi salah satu pemenang CNN Indonesia Awards 2024. Ajang penghargaan keenam nan digelar CNN Indonesia berjalan di Trans Luxury Hotel Bandung, pada Selasa (17/9) malam.

Iyos mendapatkan kategori "Outstanding Nature Conservations Leader" dengan penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Transmedia, Warnedi. 

Mengangkat tema "Jawa Barat Menyala untuk Indonesia Maju", CNN Indonesia Awards keenam memberikan penghargaan kepada pemerintah kota/kabupaten, jejeran menteri, BUMD, serta pihak swasta nan berada di Jawa Barat.

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Dilanjutkan arena kedua nan dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024.

Lalu, CNN Indonesia Awards ketiga digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada 10 Juli 2024. Sementara, CNN Indonesia Awards keempat berjalan di Medan, Sumatera Utara pada 10 Agustus 2024 lampau dan kelima diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah pada 14 Agustus 2024.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional