Jeju Air hingga Starlux Buka Operasi ke Indonesia, Catat Rute dan Tanggalnya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif alias Kemenparekraf, I.G.A. Dewi Hendriyani, mengatakan lima maskapai penerbangan internasional ialah Jeju Air, Batik Air Malaysia, Air Asia, Starlux, dan China Southern Airlines bakal segera melayani penerbangan ke Indonesia. “Jeju Air bakal melayani rute Seoul-Incheon ke Denpasar tujuh kali per pekan dimulai dari 27 Oktober 2024,” katanya kepada Tempo melalui jawaban tertulis, Kamis, 15 Juli 2024.

Kemudian, kata Dewi, Batik Air Malaysia telah membuka rute Kuala Lumpur ke Surabaya dan Kuala Lumpur ke Lombok pada 31 Juli 2024. “Serta rute Kuala Lumpur ke Padang dan Kuala Lumpur ke Pekanbaru pada 10 Agustus 2024,” ujarnya.

Dewi menuturkan, ada pula Air Asia nan membuka rute Bandar Seri Begawan, Brunei ke Jakarta pada 2 Agustus 2024, Kota Kinabalu ke Denpasar pada 9 Agustus 2024, Phuket ke Denpasar pada 10 Agustus 2024, Cairns ke Denpasar pada 15 Agustus 2024. “Kota Kinabalu ke Manado mulai 1 September 2024 serta Kuala Lumpur ke Labuan Bajo nan bakal dimulai pada 2 September 2024,” katanya.

Sementara itu, maskapai Starlux asal Taiwan dijadwalkan bakal membuka rute baru Taipei ke Jakarta pada 1 September 2024. “Kemudian, China Southern Airlines direncanakan bakal membuka kembali rute Shenzhen ke Denpasar mulai 19 Agustus 2024,” ujarnya.

Ia mengatakan, pembukaan rute-rute internasional baru punya urgensinya tersendiri, mengingat rute-rute ini melayani penerbangan internasional ke Indonesia dari negara-negara pasar utama nan berkontribusi besar terhadap kehadiran visitor mancanegara terbanyak ke Indonesia, seperti Malaysia, Australia, Tiongkok, Thailand, Republik Korea serta Taiwan. “Diharapkan dapat membantu mempercepat pemenuhan sasaran kehadiran visitor mancanegara ke Indonesia pada 2024 ini sebesar 14,3 juta orang,” ujar Dewi.

Iklan

Sebelumnya, Maskapai penerbangan Scoot bakal meluncurkan jasa penerbangan dengan dua destinasi baru, berbarengan dengan penambahan unit pesawat. Terdapat dua destinasi jasa penerbangan baru, antara lain Kertajati alias Bandung Raya di Indonesia dan Melaka di Malaysia.

"Kami sangat senang mengumumkan penambahan dua destinasi baru ke jaringan kami nan sangat berkembang - Kertajati di Indonesia dan Melaka di Malaysia. Sejak peluncuran pesawat Embraer E190-E2 pada bulan Mei, kami terus memandang tingginya permintaan terhadap penerbangan kami ke alias dari beragam tujuan kami di Asia Tenggara,” Chief Executive Officer Scoot, Leslie Thng. 

Cicilia Ocha berkontribusi dalam tulisan ini.

Pilihan editor: Ekonom Prediksi The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga 50 Bps pada September dan Oktober 2024

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis