Jelang Upacara di IKN, Belasan Paskibraka Putri Tampil Pakai Jilbab

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 17 Agu 2024 07:31 WIB

Belasan personil Paskibraka putri dalam seremoni HUT RI ke-79 tampak memakai jilbab saat bersiap di Lapangan Istana Negara, IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8). Belasan personil Paskibraka putri dalam seremoni HUT RI ke-79 tampak memakai jilbab saat bersiap di Lapangan Istana Negara, IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8). (CNN Indonesia/Khaira Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Belasan personil Paskibraka putri dalam seremoni HUT ke-79 tampak memakai jilbab saat bersiap di Lapangan Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8).

Pantauan CNNIndonesia.com pada pukul 08.00 WITA, mereka tampak berbanjar dan meneriakkan kata-kata semangat sebelum bekerja mengibarkan bendera Merah Putih pada pukul 11.00 WITA.

Sebelumnya, larangan jilbab bagi personil Paskibraka putri di tingkat nasional jadi sorotan publik. Dugaan larangan ini mulanya berasal dari foto-foto pengukuhan personil Paskibraka Nasional Tahun 2024 di IKN, Selasa (13/8) nan tersebar di media sosial.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam foto-foto nan beredar, tak ada satupun remaja putri nan memakai jilbab. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan.

Dugaan publik soal larangan pakai jilbab ini kian menguat setelah PP Purna Paskibraka Indonesia (PPI) menyebut ada 18 personil Paskibraka nan memakai jilbab sejak proses seleksi.

Sehari kemudian, pada Rabu (14/8), Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menggelar konvensi pers. Ia membantah telah memaksa personil putri Paskibraka melepas jilbab.

Ia menyatakan para personil Paskibraka secara sukarela melepas jilbab saat upacara pengukuhan mengikuti peraturan nan ada.

Menurut Yudian, perihal ini sudah disepakati dalam surat pernyataan kesediaan nan bermeterai Rp10 ribu.

Ia menjelaskan, lepas jilbab hanya dilakukan saat pengukuhan Paskibraka dan pengibaran bendera merah putih pada upacara kenegaraan.

Namun pada Kamis (15/8), Yudian selaku Kepala BPIP akhirnya membikin pernyataan. Ia meminta maaf kepada publik usai larangan penggunaan jilbab itu menimbulkan kisruh.

Yudian juga secara tegas menyatakan mencabut larangan tersebut. Ia mengikuti pengarahan Kasatpres Heru Budi.

Dengan demikian, Paskibraka putri bisa memakai jilbab sesuai pilihan masing-masing saat upacara kenegaraan di IKN pada 17 Agustus.

(khr/asr)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional