Jepang Siap Bantu Jakarta Tingkatkan Pengelolaan Sampah

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Delegasi Komisi Lingkungan Hidup Parlemen Jepang mengunjungi Jakarta Recycle Center (JRC) di Jakarta Selatan, Kamis, 1 Agustus 2024. Kunjungan tersebut bermaksud memperkuat kerja sama dan mempererat hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia dalam bagian pengelolaan lingkungan hidup, khususnya pengelolaan sampah. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto, mengatakan Jakarta terus berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan dengan belajar dari teknologi serta pengalaman dari pemerintahan Jepang, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Jepang atas support nan telah diberikan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Jepang, terutama kontribusi melalui JICA dalam membantu pembangunan prasarana dan pengembangan pengelolaan sampah di Jakarta,” ucap Asep.

Ia melanjutkan, pihaknya berkomitmen untuk terus memperbaiki sistem pengelolaan sampah dengan memanfaatkan teknologi canggih dan tepat guna.

Asep berharap, kerja sama Indonesia-Jepang ini dapat terus bersambung dan diperluas ke bagian lainnya, seperti penanganan polusi udara dan pengelolaan air limbah. “Kami memandang banyak kesempatan untuk memperkuat kerjasama di beragam sektor lingkungan hidup,” paparnya.

Iklan

Sementara Ketua Komisi Lingkungan Hidup Parlemen Jepang Shunsuke Mutai mengatakan bahwa Jakarta bisa menjadi contoh bagi kota-kota lain di bumi dalam perihal pengelolaan sampah, dia juga mengungkapkan kekagumannya terhadap upaya pengelolaan sampah di Jakarta.

“Kami terkesan dengan langkah-langkah nan telah diambil Jakarta dalam mengatasi tantangan lingkungan. Ini adalah bukti nyata bahwa kota besar dapat mengelola masalah lingkungan secara efektif,” ucap Mutai. Menurutnya, kelak, jika Jakarta sukses menangani sampah perihal itu bakal menjadi inspirasi bagi kota-kota lain, baik di Indonesia maupun global. "Hal ini menunjukkan potensi Jakarta untuk memimpin dalam penemuan pengelolaan sampah.”

Mutai juga menyoroti pentingnya dekarbonisasi dan pengurangan sampah sebagai bagian dari upaya menekan emisi gas rumah kaca nan berbahaya. “Jepang mempunyai teknologi canggih nan dapat membantu dalam pengelolaan sampah. Kami siap berbagi pengetahuan ini dengan Jakarta untuk mendukung pengelolaan lingkungan nan lebih baik,” tutupnya.

Pilihan editor: Menkominfo Budi Arie Pernah Pertanyakan Alasan Polisi Belum Menangkap Bandar Judi Online

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis