Jika Pembelian Pertalite Dibatasi Tersedia Pertamax 92, Apa Keunggulannya?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, penjualan Pertalite bakal dibatasi pada tahun ini. Kabar ini sudah diumumkan sejak 2023 dan bakal bertindak bagi kendaraan tertentu saja. 

Ada beberapa argumen mengenai pembatasan penggunaan Pertalite seperti mengatasi masalah polusi udara. Menurut Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, pembatasan penggunaan Pertalite juga bermaksud untuk memenuhi standar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan alias KLHK nan menerapkan pemisah minimal oktan number 91 di Indonesia.

“Karena patokan KLHK itu menyatakan oktan number nan boleh dijual di Indonesia itu minimal 91,” kata Nicke.

Penerapan patokan baru ini belum bisa dipastikan bakal diselenggarakan secepatnya alias tidak lantaran tetap dalam tahap sosialisasi. Menurut Jokowi nan saat itu sedang menghadiri peresmian Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di RS Sardjito, Yogyakarta. “Belum ada keputusan, belum ada rapat," ujar Jokowi.

Keunggulan Pertamax 92

Pertamina mempunyai dua jenis BBM nan terbagi menjadi gasoline kendaraan mesin bensin dan gasoil untuk diesel. Unit Manager Communication, Relations, CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah, Anna Yudhisatusi mengatakan Pertamax merupakan produk jenis gasoline.

“Produk jenis gasoline datang dengan payung merek Pertamax Series. Sementara untuk produk gasoil datang dengan payung merek Dex Series,” katanya dikutip dari situs web Pertamina. Anna menambahkan, dua merek BBM itu sama-sama kualitas terbaik.

Iklan

Selain itu, Pertamax juga terbagi lagi menjadi dua jenis ialah Pertamax 92 dan Pertamax Turbo. Perbedaan paling jelas diantara keduanya adalah jumlah oktan nan dimiliki oleh keduanya. Pertamax 92 mempunyai jumlah Research Octan Number (RON) 92 sedangkan Pertamax Turbo mempunyai jumlah Research Octan Number (RON) 98.

Jumlah oktan nan dimiliki bahan bakar bakal berpengaruh pada proses pembakaran sehingga tidak meninggalkan residu. Selain itu, BBM jenis Pertamax juga dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan Pertalite.

Pertamax RON 92 juga dilengkapi dengan formula Pertamina Technology nan berfaedah membersihkan endapan kotoran di mesin. Itu sebabnya, mesin kendaraan bakal awet, terhindar karat, dan efisien bahan bakar. Selain itu, Pertamax RON 92 juga mempunyai sifat susah dibakar sehingga bakal jauh lebih irit jika dibandingkan bahan bakar mesin lainnya.

Berkaitan dengan formula Pertamina Technology nan berfaedah membersihkan endapan kotoran, Pertamax bakal menghasilkan kadar kerak alias deposit pada klep, head, piston, serta busi lebih minim sehingga bakal memudahkan perawatan kendaraan.Pertamax juga telah dilengkapi oleh Ecosave Technology nan unik dirancang untuk melindungi mesin.

ADINDA ALYA IZDIHAR  | ANANDA BINTANG PURWARAMDHONA | PUTRI SAFIRA PITALOKA | HENDRIK KHOIRUL MUHID

Pilihan Editor: Pembelian Pertalite Akan Dibatasi Pada 2024, Apa Kandungan Jenis BBM Bersubsidi Ini?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis