Jokowi akan Berkantor di IKN Juli, Pembangunan Istana Presiden Sudah 85 Persen

Sedang Trending 3 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi bakal berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Juli 2024. Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga, mengungkapkan progres pembangunan Istana Presiden sudah sekitar 85 persen.

Danis menjelaskan, rata-rata pembangunan prasarana di IKN tahap pertama sudah sekitar 87 persen. "Secara keseluruhan, prasarana batch 1 rata-rata sudah sekitar 87 persen," katanya kepada Tempo pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Sebelumnya, diketahui Jokowi bakal mulai berkantor di IKN jika kesiapan air bersih sudah aman. "Air bersih Insya Allah masuk ke kapling, kantor, rumah sekitar mid Juli," tutur Danis. Pada waktu berbeda, Jokowi juga menyatakan optimismenya berkantor di IKN mulai Juli mendatang. Namun, Jokowi tetap menunggu kesiapan air bersih di sana.

“Sangat optimistis untuk kantornya. Ini tetap nunggu satu, air. Airnya (siap) Juli,” kata Jokowi usai meninjau letak lapangan HUT Kemerdekaan RI di IKN pada Rabu, 5 Juni 2024 nan dikutip dari keterangan video. Sebelumnya pemerintah telah meresmikan Bendungan Sepaku. “Tinggal ini menunggu pompa untuk meningkatkan air, kemudian dialirkan ke bangunan, rumah-rumah nan ada di IKN,” kata Jokowi.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, juga telah memastikan Kantor Presiden di IKN bisa mulai ditempati per Juli. Soal pembangunan Istana Kepresidenan, kata dia khususnya bagian lapangan, eksterior, dan interior sudah nyaris rampung. Akan tetapi, tetap bakal diperlukan masa pemeliharaan.

Iklan

Selain instansi Jokowi, Diana juga mengatakan instansi menteri koordinator (menko) juga ditargetkan fungsional per Juli. Bahkan, hingga jalan di depan istana. “Kantor presiden juga Alhamdulillah, mudah-mudahan akhir Juli ini kelak bilah-bilah garuda juga sudah. Sumbu kebangsaan nan di depan istana juga sudah selesai. Kantor menko-menko kelak fungsional untuk bisa digunakan. Jalan di depan Istana Presiden mudah-mudahan kelak bisa dikebut untuk Juli ini selesai semua,” kata Diana seperti dikutip dari Antara pada Kamis, 27 Juni 2024.

Sementara itu, progres pembangunan rumah tapak menteri sudah melampaui 90 persen. Danis menuturkan, kurang lebih 14 unit rumah tapak sudah siap huni pada Juli, komplit dengan furnitur. "Rumah menteri sudah 90 persen lebih, Juli ini InsyaAllah sekitar 14 furnished house siap," tuturnya.

Pilihan editor: Basuki Hadimuljono Sebut Pembangunan Istana dan Rumah Menteri di IKN Sudah 82 Persen

ANNISA FEBIOLA | DANIEL A. FAJRI | ANTARA

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis