Jokowi akan Pindah Kantor, Menhub: Bandara IKN Siap untuk Pesawat Presiden di Awal September

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui Bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, telah siap didarati pesawat termasuk Pesawat Kepresidenan RI pada awal September 2024.

"(Sudah bisa didarati pesawat kepresidenan) awal September," ujar Budi saat ditemui di Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024.

Dengan mengacungkan jempol, Budi kembali menegaskan kesiapan airport termasuk landasan pacu (runway) nan telah diuji coba Minggu (25 Agustus 2024).

Diketahui sebelumnya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan bakal pindah ke Ibu Kota Nusantara alias IKN, Kalimantan Timur, pada September 2024.

"Kalau nan saya tahu programnya Pak Presiden Jokowi, jika kelak bandaranya (IKN) ini beraksi pada minggu pertama September, Beliau pindah ke sana," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sementara soal uji coba landasan pacu (runway) Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur telah dilaksanakan dan melangkah lancar.

Iklan

Adapun uji coba tersebut melibatkan pesawat kalibrasi jenis King Air jenis 200 PK CAO dan berjalan dengan lancar.

"Prosesi uji coba lepas landas dan pendaratan nan dilakukan menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air jenis 200 PK CAO, melangkah mulus dan lancar," kata Menhub.

Menhub berbareng Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara langsung menyaksikan proses uji coba tersebut.

Kegiatan itu merupakan bagian dari proving flight, ialah proses operasional untuk memastikan kesiapan rute penerbangan baru.

Pilihan Editor: Diduga Tidak Periksa Barang Kaesang dan Erina Gudono, Bea Cukai Didesak Beri Penjelasan Publik

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis