Jokowi Akui Anggaran Upacara 17 Agustus Bengkak karena IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 09 Agu 2024 10:23 WIB

Jokowi tak mengonfirmasi berapa besar kenaikan anggaran upacara tahun ini. Dia hanya menyebut kenaikan tetap dalam pemisah wajar. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui anggaran upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan bengkak lantaran seremoni di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Arsip Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui anggaran upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan bengkak lantaran seremoni di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tahun ini, upacara digelar di dua tempat sekaligus. Upacara kemiliteran digelar di IKN, sedangkan intermezo rakyat digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Iya namanya dulu hanya di satu tempat. Ini lantaran ada transisi sehingga menjadi di dua tempat. Tapi kan bukan lompatan nan anu," kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Jumat (9/8).

Jokowi tak mengonfirmasi berapa besar kenaikan anggaran upacara tahun ini. Dia hanya menyebut kenaikan tetap dalam pemisah wajar.

"Saya kira anggaran biasa, wajar dan juga anggarannya di Kemensetneg," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga mengakui pembengkakan anggaran upacara. Dia pun menyebut penyebabnya adalah penyelenggaraan di dua tempat.

"Ya lantaran upacara sekarang itu kan diselenggarakan di dua tempat, tentu saja anggarannya lebih besar dari sebelumnya tetapi enggak signifikan," ucap Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Selasa (6/8).

Beberapa perihal nan menjadi sorotan publik adalah biaya sewa transportasi. Istana memang sudah membantah berita sewa 1.000 mobil dengan tarif hingga Rp25 juta sehari.

Istana mengatakan bakal menyewa bus untuk pikulan tamu upacara di IKN. Jumlah bus nan disewa sekitar 200 unit.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional