Jokowi Harap Prabowo Lanjutkan IKN: Agar Tak Habis Sumber Energinya untuk Ganti Arah di Setiap Kepemimpinan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi berambisi sejumlah proyek pembangunan nan telah dijalankan saat dia menjabat bisa dilanjutkan oleh presiden berikutnya, Prabowo Subianto. Beberapa proyek itu mulai dari hilirisasi industri, ibu kota nusantara alias IKN hingga ekonomi hijau. 

Dengan begitu, kata Jokowi, tenaga dan waktu tidak bakal lenyap lantaran pemerintahan saat ini mempunyai banyak program kerakyatan dalam mendukung kesejahteraan.

"Dengan begitu bangsa ini tidak lenyap waktu, tidak lenyap sumber daya, tidak lenyap energinya hanya untuk berganti arah, hanya untuk berganti program setiap kepemimpinan," kata Jokowi saat memberikan kata sambutan pada apel kader dan penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu malam, 31 Agustus 2024, seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Prabowo juga telah memastikan IKN bakal diselesaikan pada masa pemerintahannya kelak. "Oh pasti diselesaikan," kata Prabowo dalam keterangan pers berbareng Presiden Joko Widodo di IKN, Kalimantan Timur, Senin, 12 Agustus 2024.

Adapun rencana garis besar pembangunan IKN memproyeksikan proyek it rampung dalam belasan tahun hingga beberapa puluh tahun. Namun, Prabowo percaya dalam kurun waktu 4—5 tahun pun IKN sudah bisa berfaedah dengan sangat baik.

"Kita juga tidak boleh memaksakan. Akan tetapi, jika saya optimistis ya dalam 4—5 tahun saya kira sudah berfaedah dengan sangat baik, jika menurut saya ya. Saya bukan mahir teknik, tetapi saya lihat potensinya, saya lihat, saya percaya 5—6 tahun bakal bagus, bakal selesai," ujar Prabowo kala itu.

Namun anggaran proyek IKN di tahun 2025 nyatanya turun signifikan daripada alokasi anggaran pada 2024 ini menjadi hanya Rp 143,2 miliar.

Iklan

Merujuk laporan Koran Tempo edisi Senin, 26 Agustus 2024, turun drastisnya anggarah IKN tertera dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara alias RAPBN 2025. Padahal, dalam APBN 2024 anggaran mencapai Rp 42,5 triliun.

"Anggaran menurun lantaran alokasi dananya kudu berbagi. Tetapi, IKN tetap prioritas Prabowo-Gibran," kata Direktur ahli bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi saat dihubungi, Selasa, 27 Agustus 2024.

Ia mengatakan, visi dari Prabowo-Gibran adalah melanjutkan dan menyempurnakan. Sehingga, program nan telah dilakukan oleh pemerintahan Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin bakal tetap berlanjut.

Mengenai IKN, kata dia, anggaran nan tertera di RAPBN 2025 merupakan usulan nan tetap dapat berubah dikemudian hari. "Jadi tetap belum final, kan kelak bakal dirapatkan dengan DPR. Nah, di rapat bisa berubah lagi sesuai persetujuannya DPR bagaimana," ujar Viva.

Andi Adam Faturahman berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Satgas IKN Klaim Pembangunan Runaway Bandara IKN Capai 1.375 Meter, Target Selesai Awal September

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis