Jokowi: Istana Jakarta dan Bogor Bau Kolonial, Saya Dibayangi Tiap Hari

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 13 Agu 2024 10:55 WIB

Presiden Jokowi menyindir gedung Istana Kepresidenan di Jakarta dan Bogor sebagai warisan kolonial. Ia mengaku dibayangi warisan itu setiap hari. Presiden Jokowi menyindir gedung Istana Kepresidenan di Jakarta dan Bogor sebagai warisan kolonial. (Foto: Lukas - Biro Pers Setpres)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung Istana Kepresidenan di Jakarta dan Bogor nan merupakan jejak warisan era Belanda.

Ia menyebut Istana Negara Jakarta sempat dihuni pemerintah kolonial pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Pieter Gerardus van Overstraten.

Kemudian di Istana Merdeka Jakarta dihuni oleh Gubernur Jenderal Johan Wilhelm van Lansberge. Serta Istana Kepresidenan di Bogor dihuni oleh Gubernur Jenderal GW Baron van Imhoff.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi bau-baunya kolonial, selalu saya rasakan, setiap hari dibayang-bayangi," kata Jokowi dalam video nan diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/8).

Jokowi mau Indonesia mempunyai gedung Istana negara nan merupakan hasil produk anak bangsa melalui pembangunan Istana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur.

Menurutnya, Indonesia perlu menunjukkan kepada bumi bahwa bangsa ini mempunyai keahlian untuk membangun Ibu Kota sesuai dengan kemauan dan rancangan sendiri, kendati prosesnya memerlukan waktu nan panjang.

"[IKN] dimulai dari 2021-2022, bakal selesai kira-kira 10-15 tahun nan bakal datang, jadi tetap sangat panjang," kata dia.

Jokowi menyebut progres keseluruhan IKN sampai saat ini kira-kira tetap 20 persen. Kemudian titik-titik pembangunan di area inti seperti Istana Presiden dan Wakil Presiden hingga instansi Kementerian tetap belum rampung sepenuhnya.

Namun di luar area inti, pemerintah juga mulai membangun sejumlah akomodasi umum seperti rumah sakit hingga hotel.

"Saya hanya mau menyampaikan bahwa IKN ini adalah contoh kota masa depan nan dibangun dengan rencana dan konsep untuk masa depan. Konsepnya forest city, jadi kota hutan, bukan kota beton," ujar Jokowi.

(khr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional