Jokowi Kurban Tujuh Sapi di Solo

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 12 Jun 2024 18:28 WIB

Presiden Joko Widodo bakal berkurban tujuh sapi jenis Simental dan Limosin di Kota Solo pada Hari Raya Iduladha 1445 H. Presiden Joko Widodo bakal berkurban tujuh sapi jenis Simental dan Limosin di Kota Solo pada Hari Raya Iduladha 1445 H (AFP/BAY ISMOYO)

Solo, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo akan berkurban tujuh sapi jenis Simental dan Limosin di Kota Solo pada Hari Raya Iduladha 1445 H. Jumlah tersebut bertambah dari tahun lampau nan hanya lima sapi di wilayah Solo.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Solo, Samsu Tri Wahyudin, Rabu (12/6). Ia mengatakan tujuh sapi support presiden (Banpres) itu didistribusikan ke empat masjid dan tiga pondok pesantren.

"Yang pertama di Masjid Agung Keraton Surakarta, masjid Al-Wustho Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed, dan Masjid Tegalsari bimbingan Kyai Idris," kata Samsu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara empat pondok pesantren (Ponpes) penerima sapi kurban banpres ialah Ponpes Al-Muayyad, dan Pondok Pesantren Al-Ikhsan bimbingan Mbah Lepo. Satu lagi disalurkan lewat Ponpes Al-Quraniy Az-Zayadiyy bimbingan Guru Ngaji Jokowi, KH Abdul Karim Ahmad namalain Gus Karim.

Tujuh sapi tersebut, kata Samsu, semuanya berukuran jumbo. Tanpa menyebut secara rinci dia mengatakan berat sapi kurban banpres dari Jokowi di kisaran 800 kg hingga 1 Ton.

"Jenis-jenisnya hanya Simental sama Limosin. nan PO (peranakan ongole) tidak ada," kata Samsu.

Hingga saat ini pihaknya belum menerima info komplit dari Sekretariat Presiden mengenai wilayah asal sapi kurban banpres Jokowi.

"Dari Salatiga satu ekor dari Boyolali satu, satu lagi dari Klaten alias Sukoharjo. Untuk empat sapi nan lain saya belum terima informasinya," katanya.

Jumlah sapi kurban banpres dari Jokowi untuk Kota Solo tahun ini bertambah dua ekor dari sebelumnya. Pada tahun 2023 lalu, Jokowi berkurban lima sapi di kota asalnya itu.

Satu sapi disalurkan lewat Masjid Agung Keraton Surakarta, dua sapi lewat Masjid Al-Wustho Mangkunegaran, dan dua sapi di Masjid Raya Sheikh Zayed.

"Tahun lampau ada lima sapi, ini tambah dua," katanya.

(syd/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional