Jokowi Larang Mobil Nonlistrik ke IKN, Tapi Upacara Pakai Bus Bensin

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 08 Agu 2024 17:03 WIB

Setneg menjelaskan penggunaan bus BBM lantaran argumen kesiapan armada. Selain itu, proses pembangunan dan perpindahan IKN tetap tahap peralihan. Jokowi bakal upacara 17 agustus di IKN. (Arsip Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Joko Widodo bakal menggunakan bus berbahan bakar minyak (BBM) untuk transportasi para tamu upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu diketahui dari foto nan dibagikan Kementerian Perhubungan. Kemenhub menunjukkan bus nan bakal digunakan di IKN pada 17 Agustus sama dengan bus-bus kota biasa.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama membenarkan perihal itu. Dia berbicara bus nan bakal digunakan ada nan berbahan bakar minyak dan listrik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kebijakan itu bertolak belakang dengan visi Presiden Jokowi. Pada 22 Februari 2022, Jokowi mengatakan, "Kalau nan senang naik mobil, apalagi nan mobilnya pakai BBM fosil, jangan pindah ke ibu kota baru."

Setya menjelaskan penggunaan bus BBM tetap dilakukan lantaran argumen kesiapan armada. Selain itu, proses pembangunan dan perpindahan IKN tetap tahap peralihan.

"Baca UU tentang IKN di peralihan ya. Jadi, tetap ada waktu sekarang untuk pakai mobil combustion lantaran ketercukupan juga. Jadi itu tetap masa peralihan," kata Setya saat ditemui di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (8/8).

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengumumkan pemerintah bakal menyediakan bus sebagai transportasi utama tamu-tamu upacara di IKN. Pernyataan itu sekaligus membantah berita pemerintah menyewa 1.000 mobil untuk para tamu.

Pratikno berbicara bus digunakan lantaran keterbatasan prasarana jalan menuju istana IKN. Beberapa tamu VVIP seperti menteri pun bakal ikut dalam bus-bus itu.

"Kita besok enggak bakal menggunakan itu kan, kita bakal menggunakan bus," ucap Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Selasa (6/8).

Kurator IKN Ridwan Kamil pun pernah menyatakan kendaraan berbahan bakar bensin bakal dilarang di IKN dan hanya boleh berbasis listrik.

"Kendaraan bensin dilarang. Risikonya jika ke sana tetap pakai mobil bensin tukeran dulu, pinjam mobil Bluebird alias merek apa nan sudah listrik," katanya di Rakornas IKN di Jakara, Kamis (14/3).

Dia mencontohkan pertukaran itu dapat dilakukan di perbatasan nan mempunyai terminal mobil listrik.

Mantan gubernur Jawa Barat itu mengatakan kebanyakan masyarakat di IKN bakal jalan kaki alias bersepeda. Meski demikian bus-bus listrik bakal disediakan untuk mobilitas masyarakat.

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional