Jokowi Minta Asia Development Bank Mendukung Transisi Energi Indonesia

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengharapkan Asia Development Bank (ADB) dapat meningkatkan kerja sama dengan Indonesia khususnya dalam mendukung proyek transisi energi. Jokowi menyatakan Indonesia berkomitmen untuk mencapai sasaran penurunan emisi dan melakukan proses transisi energi.

Jokowi menyampaikan ini saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden ADB, Masatsugu Asakawa, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10, di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada Senin, 20 Mei 2024. Kepala negara mengapresiasi kemitraan nan telah melangkah selama 57 tahun antara Indonesia.

"Saya menghargai support ADB dalam proyek transisi daya di Indonesia, termasuk proyek pembangkit listrik tenaga batu bara nan dihentikan lebih awal," ucap Jokowi, dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden.

Jokowi menyoroti peran ADB dalam mendukung proyek transisi daya di Indonesia, termasuk proyek pembangkit listrik tenaga batu bara nan telah dihentikan lebih awal. Eks Gubernur Jakarta juga membujuk personil ADB lainnya untuk berinvestasi dalam proyek pembangunan ibu kota baru, Nusantara.

Kemudian, Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk terus mendukung dan berkontribusi pada pengisian kembali biaya pembangunan Asia namalain Asian Development Fund (ADF) 14, nan diklaim mempunyai akibat positif bagi area Asia Pasifik.

Iklan

"Indonesia perlu memainkan peran nan lebih besar dalam struktur kepemimpinan ADB di masa depan," tegas Presiden Jokowi. Dia mengingatkan peran strategis nan telah dan bakal terus dimainkan oleh Indonesia dalam area ini.

Menanggapi Jokowi, Asakawa menyatakan support ADB bakal terus bersambung dalam upaya berbareng menghadapi tantangan regional, termasuk transisi daya dan pembangunan prasarana berkelanjutan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden ADB, Masatsugu Asakawa.

Pilihan Editor: Jokowi Akan 'Cawe-cawe' Beresi Bea Cukai, Ini Deretan Masalah nan Disorot Masyarakat

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis