Jokowi Minta Kepala Daerah Tiru Konsep Pembangunan IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membujuk seluruh kepala wilayah meniru konsep pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk diterapkan di provinsi dan kabupaten/kota masing-masing.

Jokowi menggambarkan IKN sebagai simbol keahlian bangsa untuk merancang dan membangun kota sesuai dengan visi dan kebutuhan Indonesia masa depan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Selamat datang di Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi dalam video nan diunggah melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/8).

Jokowi menekankan pentingnya perencanaan jangka panjang nan matang dan detail, meskipun tidak selesai dalam satu periode kepemimpinan.

"Saya kira di semua provinsi, kabupaten, dan kota bisa merencanakan, mengonsep kotanya itu mau dijadikan kota apa," imbuhnya.

Jokowi kemudian menjelaskan IKN dibangun bukan hanya sebagai pusat pemerintahan baru, namun juga sebagai contoh kota masa depan nan dirancang dengan konsep forest city namalain kota nan didominasi oleh lingkungan hijau dan bukan beton.

Ia juga menyebut IKN dirancang sebagai smart city nan seluruh aktivitasnya disokong oleh teknologi modern. Selain itu, IKN bakal menjadi liveable city namalain kota nan nyaman untuk ditinggali, dengan lingkungan nan sehat dan berbobot udara nan sangat baik.

Jokowi mencatat indeks kualitas udara (AQI) di IKN tergolong sangat baik lantaran berada jauh di bawah pemisah maksimal AQI untuk kategori hijau nan berada di nomor 50.

"Kemarin pagi saya cek di IKN berapa air quality index-nya, 6 hanya 6. Padahal kendaraannya belum listrik, jika kendaraannya listrik mungkin menjadi 0," jelasnya.

Jokowi lantas membandingkan AQI di IKN dengan Singapura nan berada di sekitar 53. Sementara di Jabodetabek, menurutnya kerap berkisar di antara 190-200.

Ia kemudian menyinggung biaya nan kudu dikeluarkan negara akibat penyakit ISPA nan salah satunya disebabkan lantaran polusi udara.

"Menkes menyampaikan kepada saya lantaran udara nan tidak baik sehingga ISPA di Jabodetabek menghabiskan nyaris Rp10 triliun," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi melaporkan perkembangan investasi di IKN. Saat ini menurutnya sudah ada 55 penanammodal nan masuk, dengan beragam proyek mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga perbankan dan teknologi.

Jokowi kemudian membujuk para kepala wilayah untuk meniru model investasi ini di wilayah masing-masing, dengan membangun kepercayaan dan memudahkan penanammodal untuk masuk.

"Jadi saya kira bapak/ibu semua bisa meniru konsep jika memang APBD kita tidak siap, ya model investasi. Tapi untuk menarik investasi itu memang membangun trust alias kepercayaan itu paling sulit," ujarnya.

(khr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional