Jokowi Pamer Pencapaian dalam Sidang Tahunan MPR: 2.700 Km Jalan Tol Baru hingga Tekan Pengangguran

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi menyatakan telah membangun fondasi dan peradaban baru selama 10 tahun masa kepemimpinannya. Ia mengatakan perihal ini diwujudkan dalam pembangunan nan Indonesiasentris, membangun dari pinggiran, dari desa, dan dari wilayah terluar.

"Sampai saat ini kita telah membangun 366 ribu kilometer jalan desa; 1,9 juta meter jembatan desa; 2.700 kilometer jalan tol baru; 6.000 kilometer jalan nasional," tutur Jokowi dalam pidatonya di sidang tahunan MPR dan sidang berbareng DPR-DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jumat, 16 Agustus 2024.

Selain membangun jalan dan jembatan, Jokowi mengatakan telah membangun 50 pelabuhan dan airport baru, 43 bendungan, serta 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru.

Melalui pembangunan-pembangunan tersebut, Jokowi menyatakan pemerintah sukses menurunkan biaya logistisk dari sebelumnya 24 persen menjadi 14 persen pada 2024. Kemudian, meningkatkan daya saing dari sebelumnya ranking 44 menjadi ranking 27. "Kita bisa memperkuat persatuan lantaran akses nan lebih merata dan berkeadilan," ujarnya.

EKs Gubernur Jakarta itu juga mengatakan Indonesia telah menjadi negara nan tangguh, terbukti dari ketahannnya menghadapi pandemi Covid-19, perubahan iklim, serta geopolitik bumi nan makin memanas. Menurutnya, bangsa Indonesia mesti berterima kasih lantaran Indonesia merupakan satu dari sedikit negara nan bisa pulihh lebih sigap dan terus bertumbuh.

"Pertumbuhan ekonomi kita terjaga di atas 5 persen, meski banyak negara tidak tumbuh, apalagi melambat," kata Jokowi. "Wilayah Indonesia Timur seperti Papua dan Maluku justru bisa tumbuh di atas 6 persen dan Maluku Utara bisa tumbuh di atas 20 persen."

Lebih lanjut, Jokowi berujar inflasi di Indonesia terkendali di kisaran 2 hingga 3 persen ketika banyak negara mengalami kenaikan nan luar biasa. Ia juga menyatakan sukses menurunkan nomor kemiskinan ekstresm dari 6,1 persen menjadi 0,8 persen pada 2024. Sementara nomor stunting turun dari 37,2 persen menjadi 21,5 persen pada 2023. 

"Tingkat pengangguran juga bisa kita tekan dari sebelumnya 5,7 persen menjadi 4,8 persen di tahun 2024," ujar mantan Walikota Solo itu.

Pilihan Editor: Rapor Ekonomi 10 Tahun Pemerintahan Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Stagnan, Utang Membengkak hingga Ketimpangan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis