Jokowi Panggil Nadiem ke Istana Terkait Polemik UKT Mahal

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 27 Mei 2024 13:42 WIB

Presiden Jokowi memanggil Mendikbudristek Nadiem Makarim ke Istana telaah UKT mahal. Presiden Jokowi memanggil Mendikbudristek Nadiem Makarim ke Istana telaah UKT mahal. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim ke Istana setelah polemik duit kuliah tunggal (UKT) mahal.

Nadiem tiba di kompleks Istana sekitar 13.21 WIB. Dia langsung bergegas masuk ke istana untuk menghadap Jokowi.

"Bahas beberapa rumor pendidikan, mau lapor Pak Presiden. Iya (terkait UKT) dan ada beberapa isu," kata Nadiem di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Polemik UKT mahal terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Mahasiswa menggelar tindakan penolakan terhadap kenaikan duit kuliah secara drastis dan mendadak.

Nadiem juga sudah diundang DPR dalam rapat kerja (raker) pada Selasa (21/5). Dia dicecar tentang kenaikan UKT nan mempersulit akses pendidikan.

"Untuk itu kami minta pemerintah menjelaskan ke mana sih anggaran Rp665 triliun itu? Supaya masyarakat tahu dan mengerti apa kegunaan pendidikan dan apa nan dilakukan Kemendibudristek untuk meredam mahalnya biaya pendidikan," ucap Pimpinan Rapat Komisi X Dede Yusuf pada rapat Komisi X DPR RI pada Selasa (21/5) lalu.

Nadiem berdasar kenaikan UKT hanya terjadi di golongan tingkat atas. Menurutnya, jumlah mahasiswa di golongan itu sedikit.

"Dan kita memandang kebijakan UKT ini tidak bakal berakibat bagi pengelompokkan UKT di tingkat-tingkat rendah," ucap Nadiem dalam rapat berbareng DPR.

(dhf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional