Jokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci Kenang Pahlawan di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 17 Agu 2024 00:39 WIB

Presiden Jokowi memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Kusuma Bangsa, IKN, untuk mengenang jasa pahlawan kemerdekaan Indonesia. Presiden Jokowi memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Kusuma Bangsa, IKN, untuk mengenang jasa pahlawan kemerdekaan Indonesia. Ilustrasi. (Foto: Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) untuk mengenang arwah dan jasa pahlawan kemerdekaan Indonesia di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

Apel tersebut dilaksanakan pukul 00.00 WITA. Upacara ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kami nan datang pada hari ini, Sabtu 17 Agustus 2024, pukul 00.00 WITA pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa nan telah berdomisili di Taman Makan Pahlawan, maupun para pahlawan nan tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngareh dan di dasar-dasar lautan," Jokowi membacakan naskah AKRS nan disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami menyatakan hormat nan sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa. Kami berjanji dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian nan ditempuh adalah jalan kami juga," imbuhnya.

"Kami bermohon semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan nan Maha Esa, ditempatkan di tempat nan sebaik-baiknya," pungkas Jokowi.

Setelah itu, apel dilanjutkan dengan aktivitas mengheningkan cipta. Lalu, aktivitas berikutnya adalah pembacaan angan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Apel pun ditutup dengan memberikan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

(pta/pta)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional