Jokowi Resmikan Pasar Gintung Bandarlampung: Rawat Biar tetap Bersih

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Pasir Gintung Bandarlampung, Provinsi Lampung senilai Rp 38 miliar. "Sebelumnya pasar ini kurang tertata sehingga sudah saya perintahkan untuk membangun Pasar Pasir Gintung," kata Jokowi, pada peresmian Pasar Pasir Gintung, di Bandarlampung, Senin, 26 Agustus 2024.

Jokowi menyebut pasar ini sangat ramai, itu menandakan degub nadi perekonomian di masyarakat sekitar pasar dan adanya aktivitas jual beli. Menurut Jokowi, adanya aktivitas upaya nan produktif menunjukkan bahwa ekonomi di sebuah kota alias sebuah provinsi itu melangkah dengan baik.

"Pasar ini dibangun menghabiskan anggaran 38 miliar rupiah, duit nan tidak sedikit sehingga saya pesan kepada Bu Wali Kota dan seluruh pedagang agar pasar ini dirawat dengan sebaik-baiknya biar tetap rapi bersih," ujar Jokowi.

Ke depan, lanjutnya, konsumen alias masyarakat nan mau membeli semua nan ada di pasar menjadi senang untuk selalu datang kembali ke pasar ini untuk berbelanja beragam kebutuhan.

Presiden Jokowi dalam kesempatan itu juga sempat berkeliling memandang aktivitas jual beli di Pasar Pasir Gintung, Bandarlampung.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden selain mengunjungi Bendungan Margatiga di Lampung Timur, orang nomor satu di Indonesia itu pun meresmikan Pasar Pasir Gintung di Bandarlampung dan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandarlampung di Lampung.

Jokowi mengharapkan adanya operasional Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur dapat meningkatkan produktivitas pertanian di daerah. "Selain bisa mereduksi banjir, dan menyediakan air baku, Bendungan Margatiga juga bisa mendukung wilayah pertanian melalui pemenuhan air irigasi bagi sawah-sawah nan dimiliki," ujar Jokowi.

Ia mengharapkan dengan resmi berfungsinya Bendungan Margatiga di Lampung Timur pada Senin  ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian. "Diharapkan produktivitas petani mengenai Bendungan Margatiga bisa naik signifikan, oleh lantaran itu saya resmikan hari ini Bendungan Margatiga di Lampung Timur ini," katanya.

Iklan

Tanggapan mengenai faedah Bendungan Margatiga bagi sektor pertanian wilayah terutama di Kabupaten Lampung Timur dikatakan oleh Sekretaris Daerah Lampung Timur Moch Jusuf.

"Kami pemerintah kabupaten berterima kasih dan mendukung adanya waduk ini, lantaran dampaknya kelak petani-petani intensitas tanam di sawahnya meningkat sehingga ada ekspansi lahan tanam," ujar Moch Jusuf.

Dia melanjutkan dengan adanya ekspansi tanam padi bakal meningkatkan produktivitas lahan pertanian di Kabupaten Lampung Timur.

"Kalau lahan sudah tetap luasnya, hanya kelak ada intensifikasi. Mungkin nan sebelumnya lahan sawahnya tadah hujan bisa beranjak ke irigasi teknis, sehingga waduk ini mempunyai nilai faedah tinggi bagi pertanian Lampung," tambahnya.

Diketahui Bendungan Margatiga mempunyai kapabilitas tampung mencapai 42,31 juta meter kubik dan luas genangan 2.217,84 hektare.

Dalam kunjungan kerja kali ini di Provinsi Lampung, Presiden mengunjungi beberapa letak seperti Bendungan Margatiga di Lampung Timur, kemudian dilanjutkan dengan meresmikan Pasar Pasir Gintung di Kota Bandarlampung dan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandarlampung di Kabupaten Lampung Selatan.

Pilihan Editor: Diduga Tidak Periksa Barang Kaesang dan Erina Gudono, Bea Cukai Didesak Beri Penjelasan Publik

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis