Jokowi Undang Rombongan Ulama dan Ribuan Jemaah ke Istana Hari Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 01 Agu 2024 10:46 WIB

Jajaran ustadz dan ribuan jemaah bakal ikut serta dalam zikir dan angan kebangsaan menjelang peringatan 17 Agustus. Jajaran ustadz dan ribuan jemaah bakal ikut serta dalam zikir dan angan kebangsaan menjelang peringatan 17 Agustus. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Jokowi mengundang para ustadz dan sekitar 3 ribu orang jemaah ke Istana Kepresidenan Jakarta malam ini. Para ustadz bakal ikut serta dalam zikir dan angan kebangsaan menuju peringatan 17 Agustus.

Acara bakal dimulai sekitar pukul 19.30 WIB di laman Istana Merdeka. Para ustadz dan peserta bakal datang mulai sore hari.

"Rangkaian Bulan Kemerdekaan ini bakal kita buka dengan zikir dan angan kebangsaan di Halaman Istana Merdeka nan dihadiri oleh para ustadz dan pemimpin kepercayaan diikuti oleh sekitar 3 ribu peserta," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada bertemu pers di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pratikno menjelaskan zikir dan angan kebangsaan adalah agenda pembuka Bulan Kemerdekaan tahun ini. Ada sejumlah aktivitas tahunan nan bakal dilaksanakan setelahnya.

Misalnya, upacara pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Jokowi. Tahun ini, upacara tersebut digelar di Ibu Kota Nusantara.

Lalu ada upacara penganugerahan tanda kehormatan di Istana Negara, Jakarta. Setelahnya Jokowi tetap bakal melakukan pidato kenegaraan dan penyampaian RAPBN dan nota finansial di Gedung Nusantara MPR DPR DPD Jakarta.

Untuk tahun ini, apel kehormatan dan renungan suci digelar di dua tempat pada 17 Agustus awal hari.

"Apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata, dipimpin Bapak Wakil Presiden, di Taman Kusuma Bangsa, IKN, dipimpin Bapak Presiden," ujarnya.

Lalu upacara detik-detik proklamasi juga bakal digelar di dua tempat. Upacara utama digelar dengan tata upacara militer di IKN. Lalu upacara di Jakarta hanya mengikuti prosesi nan dipimpin di IKN.

Jokowi memimpin upacara di IKN. Adapun upacara di Jakarta dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Diselenggarakan di IKN sesuai waktu Indonesia barat. Juga diselenggarakan di Jakarta mengikuti waktu setempat Jakarta," ujarnya.

(dhf/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional