Jubir: Kaesang Pulang ke Indonesia dari AS Naik Pesawat Komersial

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 18 Sep 2024 13:44 WIB

Juru Bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo menyebut Kaesang dan istri pulang ke Indonesia dengan menggunakan pesawat komersial. Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep melangkah usai memberikan penjelasan mengenai jet pribadi di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo menyebut Ketua Umum PSI bersama rombongan ikut 'nebeng' berbareng pemilik pesawat jet saat bertolak ke Amerika Serikat (AS) Agustus lalu.

"Mas Kaesang nebeng dan berangkat bareng dengan pemilik pesawat. Pemilik pesawatnya adalah kawan Mas Kaesang nan searah perjalanan ke Amerika," kata Francine saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (18/9).

Namun Francine tidak merinci siapa pemilik pesawat nan dimaksud. Ia hanya merinci, Kaesang pergi berbareng Istrinya, Erina Gudono, kakak Erina, dan seorang staf.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pun sama dengan pemilik jet nan berangkat dari Jakarta ke AS berbareng tiga orang lainnya. Sehingga secara keseluruhan penumpang pesawat jet tersebut berjumlah delapan orang.

Politikus PSI itu juga menegaskan Kaesang pulang ke Indonesia dari Negeri Paman Sam itu dengan menggunakan pesawat komersial.


"Pulangnya tidak bareng lantaran beda agenda pulangnya dan Mas Kaesang naik pesawat komersial," ujarnya.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan sebelumnya mengungkap inisial 'Y' sebagai kawan nan ditumpangi Kaesang saat pergi ke AS.

Pahala menambahkan jumlah penumpang dalam pesawat jet itu berjumlah empat orang. Kaesang menurutnya pergi berbareng Istrinya, Erina Gudono. Kemudian kakak Erina dan seorang staf.

Ia mengatakan temuan itu didapatkan dari keterangan Kaesang saat memberikan penjelasan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi alias Gedung Lama KPK, Kuningan, Jakarta Selatan (17/9).

Saat ditanya perihal kawan Kaesang berinisial Y nan tidak ikut dalam satu pesawat jet, Pahala menyebut perihal itu bakal dikonfirmasi lebih lanjut, salah satunya kepada Y sendiri.

Pahala juga menyebut dugaan gratifikasi jet pribadi Kaesang mencapai Rp360 juta andaikan dikonversi dari akomodasi nan diterima ke corak duit rupiah. Hal itu didapatkan dari pengakuan Kaesang nan menyebut nilai tiket per orangnya senilai Rp90 juta.

(khr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional