Jurus Produsen Mobil China BAIC Gaet Pasar Indonesia di Ajang Indonesia Custom Show 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Yogyakarta - Berbagai jurus gencar dilakukan produsen mobil asal Cina, BAIC, untuk menggaet pasar otomotif Indonesia, nan saat ini tetap dibanjiri produk pabrikan Jepang, Amerika Eropa, juga Korea. Perusahaan itu telah datang di Indonesia sejak Mei 2024 lalu.

Dua perihal nan digencarkan seperti melakukan penyegaran tampilan produk menyesuaikan minat pasar. Dan juga masuk dalam event-event pameran modifikasi, seperti arena Indonesia Custom Show nan digelar di Jogja Expo Center Yogyakarta 31 Agustus-1 September 2024.

"Untuk event di Yogya ini kami membawa unit model BJ40 Plus namun sudah dimodifikasi dengan aksesoris unik untuk menambahkan kesan petualang," kata perwakilan BAIC Indonesia Fedy Dwi Parileksono di sela pameran Indonesia Custom Show Yogyakarta Sabtu 31 Agustus 2024.

Fedy nan menjabat sebagai Head of Public Relation, Sales Training & Homologation PT JIO Distribusi Indonesia, pemasok BAIC itu mengatakan, argumen pihaknya memoles kembali produknya lantaran memandang pasar Indonesia nan mengutamakan tampilan. Hal itu lantas coba diterapkan pada jenis SUV BJ40 Plus nan diboyong dalam arena itu.

"Kami coba menampilkan produk BJ40 Plus ini tak sekedar jenis SUV biasa, namun bisa dilihat sebagai jenis off road unggulan dengan pilihan paket Explorer alias City Cruiser," kata dia.

Pengubahan alias modifikasi tampilan ini terdiri atas 14 item tambahan. Seperti front bumper, rear bumper, electric pedals, horse pedal (front),  horse pedal (rear), luggage box (upper), dan luggage box ladder. Ada pula luggage box - side backpack, cover grille black, mirror cover black, dark night snorkel, dan LED dome light bracket.

Fedy mengatakan, pihaknya optimistis pengubahan tampilan ini membikin produk lima penumpang tersebut bisa mencuri perhatian pecinta mobil harian namun sekaligus suka petualangan ekstrem. Terlebih, di merek merek pabrikan lain, jenis mobil off road itu banderolnya bisa mencapai miliaran rupiah dengan pasar nan sangat terbatas di Indonesia.

"Sekarang dengan nilai lebih miring, pecinta jenis jenis mobil petualangan seperti ini bisa memilikinya dengan nilai lebih hemat, dengan mesin nan juga tetap berkekuatan dan lebih irit BBM (bahan bakar minyak)," kata dia.

Iklan

Dipilihanya sasaran pecinta mobil petualangan jenis SUV ini lantaran dinilai modelnya kekal namalain tak lekang waktu.

"Karena kan memang untuk kendaraan kendaraan offroad sekarang lebih ke  model-model seperti ini, jadi bentuknya tidak dimakan usia," kata dia nan menyebut nilai off the road BJ40 Plus modifikasi off road ini mulai Rp 700 an juta.

Meski baru resmi memasarkan produknya ke Tanah Air pada Mei 2024, Fedy mengatakan pabrikan itu sudah mengoperasikan setidaknya 13 dealer di area Jabodetabek termasuk Medan, Batam, dan Bali.

"Saat ini kami berfokus pembukaan dealer di area Jawa Tengah-Yogyakarta," kata dia.

Indonesian Custom Show 2024 mengusung tema Conjure Hard Stone nan dipusarkan di Jogja Expo Center 31 Agustus - 1 September 2024. Dalam arena itu menampilkan ratusan mobil dan motor custom karya Builder dan organisasi pecinta otomotif dari beragam wilayah di Indonesia. 

Pilihan Editor: Cara Daftar inDrive untuk Mobil dan Motor 2024 serta Syaratnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis