Kaesang Diduga Naik Jet Pribadi, Paus Fransiskus Justru Tolak Fasilitas First Class ke Papua Nugini

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Paus Fransiskus bakal bertolak menuju Papua Nugini hari ini, Jumat, 6 September 2024, setelah menyelesaikan perjalanan apostoliknya di Indonesia. Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan pemimpin tertinggi umat katolik sedunia itu berangkat dengan pesawat komersil milik Garuda. “Itu (menggunakan) penerbangan charter,” ujarnya saat dikonfirmasi Tempo Kamis malam, 5 September 2024.

Armada nan digunakan adalah pesawat jenis Airbus 330 900 Neo, salah satu dari pesawat milik Garuda tanpa modifikasi dan tanpa akomodasi first class. Mengutip laporan Majalah Tempo, 1 September 2024, Fransiskus menghendaki kunjungannya dengan rombongan menggunakan pesawat komersial.

Irfan mengatakan saat berkomunikasi dengan Vatikan, pihaknya sempat menawari pesawat boeing 777 dengan akomodasi first class, namun tawaran tersebut justru ditolak.

Bos Garuda itu berujar, tidak ada permintaan unik dari Paus, selain siapa saja dan berapa penumpang nan bakal berangkat. Setelah disepakati teknis jumlah penumpang dan barang, dilakukan pengecekan dan mulai masuk hanggar pada 3 September. Pesawat telah melalui sterilisasi dua hingga tiga hari menjelang lepas landas.

Kesederhanaan Paus Fransiskus kerap menjadi pemberitaan, apalagi sejak awal kedatangannya Indonesia pada 3 September. Ia tiba di Terminal VVIP Bandara Seokarno-Hatta dengan menggunakan pesawat komersil ITA Airways Z400 berwarna biru berbendera Vatikan. Paus juga memilih menginap di instansi kedutaan. 

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Achiruddin nan turut dalam pengamanan mengatakan, pihak Vatikan tidak mau menggunakan mobil mewah saat Fransiskus mengunjungi Indonesia. "Mereka menginginkan kendaraan nan simpel, sederhana, dan umum,” kata Achiruddin ketika dikonfirmasi Tempo pada Rabu, 4 September 2024

Iklan

Kunjungan Paus kerap dibandingkan dengan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo. Belum lama ini, Ketua Umum Partai Solidaritas (PSI) Indonesia itu ramai diperbincangkan usai diduga pelesiran ke Amerika Serikat berbareng istrinya, Erina Gudono, menggunakan jet pribadi berjenis Gulfstream G650.

Kabar ini mencuat di media sosial setelah salah satu warganet di akun X mengunggah tangkapan layar IG Story Erina berupa sebuah foto jendela pesawat pada Rabu, 21 Agustus 2024. Warganet itu menduga, Kaesang dan Erina pergi ke AS menggunakan jet pribadi lantaran jendela pesawat nan tidak terlihat seperti jendela pesawat komersil pada umumnya. “Also Erina Gudono pembaruan her story dari jendela pesawat nan diyakini itu bukan pesawat komersil. The irony,” tulis seorang warganet dengan akun @aglioeoliopasta.

Daniel A. Fajri, Fransisca Christy Rosana dan Raden Putri Alpadilah Ginanjar berkontribusi dalam penulisan tulisan ini

Pilihan editor: Tom Lembong Kenang Faisal Basri: Beliau Aktivis Top Pasca-Jatuhnya Orde Baru Soeharto

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis