Kartu ATM Hilang atau Tertelan Mesin? Manfaatkan CS Digital Kapan Saja dan di Mana Saja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pernah kehilangan kartu ATM? Jatuh alias mungkin tertelan mesin ATM? Anda tidak perlu repot kudu ke bank terdekat sembari membawa kitab tabungan dan KTP lantaran sejumlah bank seperti BCA sekarang sudah dilengkapi CS Digital.

Yuli S, 58 tahun, menceritakan gimana dia kebingungan ketika bakal mengambil duit di Mesin ATM BCA rupanya kartunya tidak ada di dompet. "Panik juga," kata wanita asal Bekasi itu, Jumat, 2 Agustus 2024.

Ia menduga kartunya tertinggal di mesin ATM ketika mengambil duit tunai beberapa hari sebelumnya. Berbekal kitab tabungan dan KTP, dia mendatangi BCA di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur untuk mengurus kartu pengganti.

Yuli mengatakan, costumer service mengarahkan untuk mencetak kartu ATM baru secara berdikari di mesin seperti mesin ATM nan disebut CS Digital.

Pertama nan kudu dilakukan adalah memilih menu Kartu dan pilih Ganti Kartu di layar mesin CS Digital. Lalu letakkan KTP elektronik di atas baki untuk di-tap.

Setelah itu, verifikasi sidik jari di tempat nan disediakan. Setelah sidik jari terverifikasi, masukkan nomor rekening tabungan, lampau pilih kartu instan. Nanti bakal ada pilihan apakah kartu ATM baru hanya untuk digunakan di dalam negeri alias nan bisa dipakai di luar negeri.

Setelah itu, masukkan nomor PIN ATM lama dan kemudian mesin minta nomor PIN baru. Selesai dan keluarlah kartu ATM baru.

Keuntungan menggunakan CS Digital ini, kita tidak perlu antre dan bisa mendapat jasa di hari libur alias malam hari sepanjang mesin beroperasi.

Kartu ATM tertelan bisa disebabkan oleh keterlambatan dalam menarik kartu saat sudah selesai melakukan transaksi di ATM, sehingga kartu nan tertinggal bakal otomatis tertelan setelah jangka waktu tertentu.

Selain langsung mendatangi CS bank bersangkutan, Anda juga bisa menghubungi call center bank mengenai hingga memblokir kartu ATM nan tertelan melalui smartphone.

Beberapa bank menyediakan jasa cardless atau tarik tunai di ATM tanpa kartu. Tapi Anda kudu mempunyai e-mobile banking untuk mendapatkan akomodasi tersebut. 

Iklan

Mengutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), saat kartu ATM tertelan alias saat mengetahui kartu ATM hilang, maka nan kudu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Tetap tenang dan segera menelpon call center resmi dari bank penerbit kartu ATM. Pastikan bahwa nomor call center nan Anda dapatkan adalah nomor nan betul untuk menghindari penipuan.

2. Melaporkan kartu ATM nan tertelan itu dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam untuk segera dilakukan pemblokiran kartu ATM. Tujuannya adalah agar kartu ATM Anda tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu.

3. Catat pula letak dan alamat mesin ATM tempat kartu ATM nan tertelan.

4 .Catat pula waktu pemblokiran kartu ATM dan nama petugas bank nan melayani pemblokiran kartu ATM kamu. Tujuannya adalah untuk mewaspadai jika ditemukan adanya transaksi finansial setelah permintaan pemblokiran tersebut.

5. Jika Anda tidak segera menghubungi pihak bank penerbit kartu ATM maka semua transaksi nan terjadi setelah kartu ATM tertelan alias kartu ATM lenyap bakal menjadi tanggung jawab pemegang kartu.

6. Buat surat kehilangan dari pihak berkuasa untuk berhati-hati andaikan pihak bank penerbit kartu ATM membutuhkannya.

7. Terakhir, Anda bisa meminta kartu ATM nan baru di instansi bagian bank terdekat dengan membawa syarat dan arsip nan dibutuhkan.  

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis