Kebakaran di GeraiTous les Jours di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, AP II: Penerbangan Tidak Terganggu

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Tangerang - Executive General Manager Kepala Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana memastikan kebakaran di gerai Tous les Jours di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta tidak berakibat pada operasional penerbangan. "Dari sisi operasional penerbangan tidak berakibat sama sekali," ujarnya Ahad 1 September 2024. 

AP II, kata Dwi, telah melakukan langkah preventif dalam menimalisir akibat kebakaran gerai makanan di terminal 3 keberangkatan internasional pada awal hari tadi.  

Penanganan untuk penumpang dan pengguna jasa bandara, kata Dwi, dengan memberikan masker agar mereka bisa melakukan aktivitas normal di tengah asap nan mengepul di area Terminal selama proses pemadaman dan pendinginan berlangsung.  

Dwi menambahkan, sejak menerima laporan adanya kebakaran pada pukul 4.12, petugas langsung bergerak memadamkan api, menjalankan prosedur pemadaman api, melakukan isolasi dan pengamanan listrik serta menormalisasikan kondisi asap dalam ruangan. 

Sebuah video nan menggambarkan suasana kebakaran di sebuah tenant makanan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta viral di media sosial. Dalam video berdurasi 37 detik itu terlihat sejumlah petugas berjibaku memadamkan api nan semakin membesar. Asap hitam mengepul dan memenuhi area Terminal.  

Iklan

Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi mengatakan kebakaran terjadi pada Minggu dinihari 1 September 2024, sekitar pukul 04.24 WIB. " Kebakaran terjadi pada salah satu bagian genting tenant food & beverage di area keberangkatan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta," ujar Holik. 

Menurut Holik,  kebakaran terjadi ketika muncul titik api dari atas genting tenan makanan tersebut. Selanjutnya, kata Holik, api langsung dipadamkan oleh  persenil Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) sekitar pukul 04.30 WIB. "Titik api nan muncul sukses dipadamkan dengan sigap sesuai prosedur dan dibantu akomodasi antara lain APAR dan hydrant sehingga tidak merambat ke letak lainnya," katanya.  

Saat ini, Holik menambahkan, personel ARFF tengah melakukan langkah-langkah normalisasi pada letak munculnya titik api tersebut, termasuk menghilangkan asap di dalam terminal menggunakan vacuum smoke dan exhaust fan. 

Pilihan Editor: Gerai Makanan Terbakar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Penumpang Dibagikan Masker

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis