Kebakaran di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, AP II Minta Maaf

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Tangerang - PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan permintaan maaf atas kejadian kebakaran sebuah gerai makanan di Terminal 3 keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta, awal hari tadi. "AP II memohon maaf kepada penumpang pesawat atas ketidaknyamanan nan timbul," ujar Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi, Ahad, 1 September 2024. 

Holik memastikan, akibat kebakaran ini tidak mengganggu operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. "Saat ini operasional penerbangan Bandara Soekarno-Hatta tetap melangkah dengan normal," ujarnya. 

Kebakaran terjadi pada awal hari 1 September 2024, sekitar pukul 04.24 WIB. Api berasal dari genting kafe Tous les Jours, salah satu tenant food & beverage di area keberangkatan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. 

Menurut Holik,  kebakaran terjadi ketika muncul titik api dari atas genting tenan makanan tersebut. Selanjutnya, kata Holik, api langsung dipadamkan oleh  persenil Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) sekitar pukul 04.30 WIB.

"Titik api nan muncul sukses dipadamkan dengan sigap sesuai prosedur dan dibantu akomodasi antara lain APAR dan hydrant sehingga tidak merambat ke letak lainnya," katanya.  

Saat ini, Holik menambahkan, personel ARFF tengah melakukan langkah-langkah normalisasi pada letak munculnya titik api tersebut, termasuk menghilangkan asap di dalam terminal menggunakan vacuum smoke dan exhaust fan.  

Iklan

Executive General Manager Kepala Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, telah melakukan langkah preventif dalam menimalisir akibat kebakaran gerai makanan di terminal 3 keberangkatan internasional pada Minggu dinihari tadi.  

Penanganan untuk penumpang dan pengguna jasa bandara, kata Dwi, dengan memberikan masker agar mereka bisa melakukan aktivitas normal di tengah asap nan mengepul di area Terminal selama proses pemadaman dan pendinginan berlangsung.  

Dwi menambahkan, sejak menerima laporan adanya kebakaran pada pukul 4.12, petugas langsung bergerak memadamkan api, menjalankan prosedur pemadaman api, melakukan isolasi dan pengamanan listrik serta menormalisasikan kondisi asap dalam ruangan.

Pilihan Editor: Gerai Makanan Terbakar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Penumpang Dibagikan Masker

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis