Keberhasilan Pemkot Medan Tekan Angka Kemiskinan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara sukses menurunkan nomor kemiskinan dalam dua tahun terakhir.

Penanggulangan kemiskinan di Medan tidak hanya melalui program perlindungan sosial dan kesejahteraan, tetapi juga beberapa program lain.

Upaya holistik ini antara lain akses terhadap pendidikan nan berkualitas, pekerjaan layak, jasa kesehatan nan terjangkau, termasuk beragam strategi pengembangan perekonomian terintegrasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan info Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah masyarakat miskin di Kota Medan pada 2021 mencapai 193,03 ribu. Kemudian turun menjadi 187,74 ribu pada 2022. Sedangkan pada 2023 masyarakat miskin tercatat 187,28 ribu.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut tingkat kemiskinan pada 2023 sekitar 8 persen alias turun sekitar 0,07 persen dibanding 2022. Sedangkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 8,67 persen alias turun 0,22 persen.

Bobby menyebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nan terdiri dari komponen Indeks Harapan Hidup, Indeks Pengetahuan dan Indeks Pengeluaran menunjukkan kecenderungan perkembangan nan semakin baik. Capaian IPM Medan tahun 2023 sebesar 82,61 poin naik 0,85 poin dari tahun 2022.

Bobby mengatakan penanganan kemiskinan kudu dilakukan secara terpadu dan melibatkan unsur pemerintah baik pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Sumatera Utara, maupun pemerintah kabupaten/kota sekitar.

Pemkot Medan terus berupaya menangani kemiskinan antara lain melalui program Universal Health Coverage (UHC) nan capaiannya 98,28 persen dan Jaminan Kesehatan Medan Berkah sebanyak 33.122 jiwa.

Selain itu ada Program Bapak Asuh Anak Stunting. Angka stunting Medan tahun 2023, sebanyak 251 balita turun dibandingkan tahun 2022 sebanyak 299.

Kemudian Program Bantuan Siswa Miskin kepada 9.000 ribu siswa SD dan SMP negeri maupun swasta. Bobby mengaku juga terus menekan angkat pengangguran terbuka lewat program dan aktivitas serta kerja sama dengan beragam pihak.

"Program nan dilakukan antara lain training dan sertifikasi cuma-cuma pencari kerja serta upaya menciptakan lapangan kerja baru, mempermudah perizinan, dan pengembangan UMKM," kata Bobby.

Pemkot Medan merupakan salah satu kandidat nan dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. Ajang penghargaan nan digelar CNN Indonesia ini bakal berjalan pada Jumat (9/8) di Medan, Sumatera Utara.

CNN Indonesia Awards di Medan ini merupakan arena penghargaan keempat. Sebelumnya, CNN Indonesia Awards telah digelar di Makassar, Bali, dan Palembang.

(tim/fra)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional