Keliling Naik Motor, Risma Temui Warga Sampang Bicara Solusi Banjir

Sedang Trending 3 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 3, Tri Rismaharini berjanji bakal menuntaskan persoalan banjir menahun di Sampang, Madura, Jawa Timur, jika dia terpilih.

Hal itu disampaikan Risma saat diundang oleh masyarakat Sampang. Dalam kunjungan itu Risma berkeliling dengan menggunakan sepeda motor dan perahu serta mendengarkan aspirasi warga.

Risma, nan pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya dua periode, mengunjungi jembatan di Desa Banyumas, Kecamatan Sampang, untuk meninjau kondisi Sungai Kemuning nan kerap meluap saat musim penghujan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelahnya, Risma melanjutkan dengan berbincang dan kemudian memaparkan solusi untuk mengatasi banjir nan setiap tahun melanda wilayah ini.

Berbagai tanggapan dari masyarakat lokal pun muncul, mereka menyuarakan usulan normalisasi Sungai Kemuning dan pembangunan prasarana penanggulangan banjir.

Menurutnya penanganan banjir di Sampang memerlukan pelebaran dan pendalaman sungai, serta pemasangan pintu air nan dilengkapi dengan pompa untuk mengatasi kiriman air dari dataran tinggi dan air pasang laut.

"Penyempitan sungai dan sedimentasi perlu segera diatasi. Selain itu, tanggul laut dan pintu air kudu dipasang agar air tidak meluap ke wilayah pemukiman," kata Risma melalui keterangannya, Selasa (1/10).

Risma menyebut, pengalamannya membangun tanggul laut dan sistem pompa air di Surabaya, menjadi salah satu referensi krusial dalam menangani banjir di Sampang.

Tanggul laut di Surabaya itu, kata Risma, adalah untuk melindungi wilayah pesisir dari banjir rob, terutama di wilayah Surabaya Utara nan berbatasan langsung dengan laut.

Risma menyebut, tanggul laut tersebut dibangun sepanjang kurang lebih 18 kilometer di sepanjang pesisir Pantai Kenjeran dan beberapa titik rawan lainnya.

Tanggul ini berfaedah untuk menahan air pasang dari Laut Jawa agar tidak masuk ke pemukiman dan area industri di sekitar wilayah Surabaya nan berada di bawah permukaan laut.

"Dengan koordinasi nan baik, saya percaya masalah ini bisa diatasi seperti nan kami lakukan di Surabaya," tegasnya.

Selain solusi teknis, pasangan calon wakil gubernur Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) juga menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai dan keterlibatan program mitigasi bencana.

"Keterlibatan penduduk sangat penting, dari menjaga lingkungan hingga ikut dalam program pemberdayaan untuk mengurangi akibat banjir," tuturnya.

Warga Sampang menyambut solusi nan diusulkan Risma dengan angan besar, mengingat banjir nan kerap menghantui mereka setiap tahunnya.

(frd/asa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional