Keluarga Koreksi Biografi WR Soepratman: Dimakamkan sebagai Muslim

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pihak family meluruskan sejarah dan riwayat hidup tokoh sejarah pencipta lagi Kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf (WR) Soepratman.

Indra Hutabarat nan mengaku sebagai perwakilan family mengatakan banyak simpang siur sejarah dan riwayat hidup dari WR Soepratman.

Indra adalah family WR Soepratman dari garis keturunan Ngadini Soepratini. Ngadini adalah kakak kelima WR Soepratman. Indra mengatakan tanggal lahir WR Soepratman nan betul adalah 9 Maret 1903, bukan 19 Maret 1903.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu info mengenai biogragfi pahlawan nasional itu nan tidak jeli adalah soal kepercayaan WR Soepratman.

Indra mengungkapkan WR Soepratman merupakan seorang muslim. WR Soepratman meninggal pada 17 Agustus 1938 dan dimakamkan secara Islam.

"Status kepercayaan beliau WR Soepratman itu muslim hingga meninggalnya dan dikuburkan secara muslim, lantaran Ibu Roekiyem pada saat itu turut datang dan memakamkan adiknya. Kami dari pihak family menyampaikan jika sudah final, tanggal lahir, tempat lahir, dan tanggal meninggal, apalagi statusnya. Mungkin ke depan tidak ada lagi nan menuliskan selain dari apa nan diberikan kesaksian oleh kakak tertuanya," kata Indra dikutip dari Detik.

Tanggal lahir WR Soepratman

Indra juga meluruskan sejarah mengenai tanggal lahir WR Soepratman nan disebutnya tidak tepat.

"Mengenai tanggal lahir, tempat lahir, status kepercayaan dan tempat meninggal dan lain-lainnya nan mau kami sampaikan pada hari ini. Karena selama ini, sampai saat ini, kan banyak buletin simpang siur mengenai tempat lahir, tanggal lahir. Tanggal lahir itu banyak nan tetap menuliskan tanggal 19 Maret 1903, bahwa nan sebenarnya itu bahwa 9 Maret 1903," tutur Indra.

Indra membeberkan WR Soepratman lahir di Jatinegara, Jakarta, bukan di Purworejo, Jawa Tengah.

Dia menuturkan kakak pertama WR Soepratman berjulukan Roekiyem Soepratijah, nan menjadi saksi dan memandang langsung saat adiknya lahir.

"Dan tempat lahirnya itu ada di Jakarta, banyak tetap nan menuliskan bahwa tempat lahirnya itu bukan di Jakarta, tapi ada nan disebut di Purworejo. Kami bisa menyampaikan bahwa tanggal lahirnya adalah 9 Maret 1903 di Jatinegara pada saat itu. Berdasarkan pengakuan langsung dari Ibu Roekiyem itu adalah kakak kandung pertama dari WR Soepratman nan menyaksikan kelahiran WR Soepratman di Jatinegara," ujarnya.

Tidak mempunyai keturunan

WR Soepratman merupakan anak ke-7 dari sembilan bersaudara. Indra menerangkan bahwa WR Soepratman juga tidak mempunyai keturunan kadung lantaran tidak menikah.

"Status menikah dinyatakan jika Ibu Roekiyem menyampaikan kepada kami melalui amanahnya bahwa WR Soepratman itu tidak menikah. Buat kami, itu sudah tidak mempunyai keturunan, tidak mempunyai cicit (kandung) alias tidak mempunyai apa pun," jelasnya.

Baca selengkapnya di sini.

(tim/bac)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional