Kemendikbud Bakal Kembalikan 9 Kerangka Diduga Tentara Jepang

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 28 Jun 2024 18:25 WIB

Kemendikbudristek bakal mengembalikan 9 kerangka tubuh tentara Jepang nan meninggal bumi saat Perang Dunia II di Biak Numfor, Papua. Kemendikbudristek bakal mengembalikan 9 kerangka tubuh tentara Jepang nan meninggal bumi saat Perang Dunia II di Biak Numfor, Papua (CNN Indonesia/Riva Dessthania Suastha)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kemendikbudristek bakal mengembalikan 9 kerangka tubuh tentara Jepang nan meninggal bumi saat Perang Dunia II di Biak Numfor, Papua.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengatakan kerangka itu ditemukan tim nan melakukan penelitian pada 20-30 Mei lalu.

"Tim Teknis Gabungan melaksanakan aktivitas di Pulau Biak pada tanggal 20-30 Mei 2024. Tim ini sukses mengumpulkan sejumlah kerangka nan diperkirakan merupakan sembilan perseorangan tentara Jepang nan gugur," ucap Hilmar lewat siaran pers, Jumat (28/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kerangka-kerangka tersebut sudah sampai di Jakarta untuk diteliti lebih lanjut kepastiannya dengan menggunakan tes DNA.

Hilmar menyatakan tim bakal mendalami siapa nama kerangka dan keluarganya nan tetap ada hingga saat ini.

"Oleh lantaran itu, aktivitas ini sarat dengan nilai kemanusiaan nan merupakan salah satu nilai nan dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia," ucap Hilmar.

Jika itu semua sudah rampung, langkah selanjutnya adalah repatriasi. Hilmar berambisi dapat dilakukan dalam waktu dekat dengan Pemerintah Jepang.

Hilmar menjelaskan bahwa Kemendikbud dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mempunyai kesepakatan kerja sama nan diteken pada 2019 lalu.

Kerja sama nan dibangun mengenai misi ekskavasi jasad para serdadu Jepang nan meninggal bumi saat Perang Dunia II khususnya di Jepang.

Tim teknis campuran Indonesia-Jepang lampau dibuat sebagai tindak lanjut. Tim lampau melakukan misinya mencari sisa-sisa kerangka serdadu Jepang.

"Penemuan sembilan kerangka ini merupakan hasil positif setelah pada 2019 lampau terjadi penandatanganan kesepakatan kerja sama antara pemerintah Indonesia, dalam perihal ini Kemendikbud dan Kedubes Jepang," ucap Hilmar.

(lna/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional