Kemenhan Tetapkan 1.145 Anggota Komcad Matra Darat 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 18 Sep 2024 16:40 WIB

Wamenhan M Herindra menetapkan sebanyak 1.145 personel Komponen Cadangan Matra Darat 2024 pada Rabu (18/9). Ilustrasi. Wamenhan M Herindra menetapkan sebanyak 1.145 personel Komponen Cadangan Matra Darat 2024 pada Rabu (18/9). (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra menetapkan sebanyak 1.145 personel Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat 2024.

Para personel nan ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat 2024 telah menjalani masa pendidikan dan latihan selama dua bulan.

Dalam petunjuk tertulis Menhan Prabowo Subianto yang dibacakan Herindra, dia menyampaikan kehadiran personil Komcad merupakan cermin keikhlasan, antusiasme, ketulusan dan kecintaan pada NKRI.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dari sinilah saudara-saudara sekalian membangun Indonesia ke arah nan lebih kuat dan maju," kata Herindra sebagai Inspektur Upacara dalam Penetapan Komcad Matra di lapangan upacara Mako Divisi Infanteri 1/Kostrad, Cilodong, Depok, Rabu (18/9), dikutip dari keterangan tertulis.

Ia berambisi personel Komcad selalu menjaga komitmen untuk meningkatkan keahlian dan profesionalisme sesuai kegunaan tugas masing-masing.

Setiap personel diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan bangsa, serta menjadi pengganda kekuatan TNI saat diperlukan.

"Selalu siap siaga untuk memihak negara dan bersedia untuk memberikan kontribusi terbaik dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI," katanya.

Pembentukan Komponen Cadangan diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Menurut UU, Komponen Cadangan adalah Sumber Daya Nasional nan disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan keahlian komponen utama dalam menghadapi ancaman militer dan ancaman hibrida. Mobilisasi dilakukan setelah ada pernyataan dari presiden.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional