Kerepotan Jelang Upacara 17 Agustus di IKN: Bawa Bus dari Solo, Batasi Undangan sampai Ruang Khusus Bendera Pusaka

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi memutuskan bakal menggelar Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-79 di  Ibukota Nusantara namalain IKN pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Karena tidak semua akomodasi penunjang sudah siap, penyelenggara terpaksa melakukan beragam 'akrobat' untuk mempersiapkannya. 

Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN/Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Istana Negara, Istana Garuda, hingga Gedung Kemenko di IKN siap difungsikan untuk Upacara 17 Agustus 2024.

"Sekarang sudah mulai dipersiapkan tenda-tenda podium untuk upacara. Semua menurut kami untuk prasarananya di Istana Negara sudah siap," kata Basuki di Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2024.

Basuki menambahkan bahwa Plaza Seremoni nan juga berada di area Sumbu Kebangsaan bakal difungsikan untuk pusat keramaian masyarakat nan dapat menampung 4.000 orang undangan dan panitia pendukung.

Forest trail nan ada di Plaza Seremoni hingga galeri UMKM juga bakal disiapkan untuk kemeriahan pada tanggal 17 Agustus mendatang.

Karena tempat terbatas, pihak Istana bakal membatasi jumlah tamu undangan nan bakal menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di IKN.

“Karena ada keterbatasan, kami mempersiapkan (untuk upacara penaikan bendera) 1.000 (undangan) di pagi hari, dan sore hari (penurunan bendera) 1.000, plus 380 di main hall,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Untuk mengakomodasi banyaknya masyarakat nan antusias mengikuti upacara di IKN, pemerintah menyiapkan sebuah letak di Plaza Seremoni alias Sumbu Kebangsaan IKN, nan bakal menampung 1.500 undangan.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan seluruh mantan Presiden bakal diundang untuk mengikuti upacara di IKN, sedangkan mantan Wakil Presiden diundang dalam upacara di Jakarta.

Pihak Istana mempersilakan presiden terdahulu untuk menghadiri dan mengikuti penyelenggaraan upacara di Istana Merdeka, Jakarta, jika tidak bisa ke IKN.

Heru menyampaikan pada 17 Agustus 2024, Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto berada di IKN, sedangkan Wapres Ma'ruf Amin dan Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka bakal upacara di Jakarta berbareng undangan lain.

“Apa nan bakal dilakukan di Istana Jakarta adalah tambahan hiburan. Jadi dikombinasikan antara Jakarta dan IKN tetap menyambung waktunya, semua bersamaan, tapi susunan aktivitas (di Jakarta) mulai 8.30 WIB aktivitas hiburan, dan diambil alih (IKN) 10.00 waktu Jakarta,” kata dia.

Berikutnya: Bawa Bus Pariwisata dari Solo dan Surabaya

  • 1
  • 2
  • 3
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis