Kesaksian Warga Saat Gunung Ruang Erupsi Lagi, Lari ke Hutan dan Kebun

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Makassar, CNN Indonesia --

Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) nan kembali erupsi sejak Selasa (29/4) kemarin.

Warga pun bercerita momen nan membikin status aktivitas vulkanis Gunung Ruang itu kembali dinaikkan jadi level IV (Awas).

Salah satu warga, Ridwan Kawaliyan mengatakan erupsi Gunung Ruang terjadi pada saat seluruh penduduk tertidur, setelah mendengarkan gemuruh penduduk pun langsung menyelamatkan diri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kejadian itu terjadi sejak jam 2 hingga jam 8 pagi," kata penduduk terdampak, Ridwan, Kamis (2/5).

Setelah erupsi Gunung Ruang nan terjadi pada awal hari, kata Ridwan, penduduk Desa Telusan langsung menyelamatkan diri dan keluarganya ke rimba dan di kebun. Pun demikian juga dengan dirinya.

"Masyarakat banyak menyelamatkan diri ke kebun, banyak lari ke hutan, penduduk sekitar sini nan lari ke rimba tapi banyak juga ketempat lainnya," tuturnya.

Sementara ini Tim Basarnas Manado berbareng Tagana Dinas Sosial Manado dan Sitaro mendatangi lokasi-lokasi nan dijadikan tempat pengungsian oleh penduduk sendiri untuk memberikan support logistik.

"Kita mengedukasi penduduk agar bisa segera pindah dari area merah dan memberikan support logistik," kata tim Rescue Basarnas Manado, Nuriadin Gumelang.

SAR evakuasi 109 penduduk ke Manado dan Bitung

Tim Rescue Basarnas Manado sebelumnya mengevakuasi sebanyak 109 jiwa penduduk nan terdampak erupsi Gunung Ruan ke letak nan kondusif di Manado hingga Bitung.

"Yang dievakuasi ini sebagian masyarakat ke Manado, rute Likupang alias Bitung, sebelumnya dilakukan pemindahan oleh dua kapal feri tujuannya ke Siau. Hari ini KN Bima Sena milik Basarnas Manado mengevakuasi 109 orang ke Pelabuhan Munte," kata Kepala Kantor Basarnas Manado, Monce Brury, Rabu (1/5).

Ratusan penduduk nan dievakuasi ke Pelabuhan Munte, Likupang, kata Monce terdapat tiga orang penduduk nan memerlukan perawatan medis, sehingga langsung dikoordinasikan dengan pihak BPBD setempat.

"Kurang lebih dari 3 orang memerlukan perawatan medis sehingga kita koordinasi BPBD untuk support ambulance, logistik dan makan. Walaupun penduduk dijemput oleh keluarganya, namun mereka kudu diberikan support dan makanan," ungkapnya.

Akibat akibat erupsi Gunung Ruang, Monce mengimbau masyarakat Sulawesi Utara untuk selalu mengenakan masker, lantaran debu vulkanik Gunung Ruang sangat rawan bagi kesehatan.

"Seluruh penduduk Sulawesi Utara agar senantiasi memakai masker, lantaran erupsi kemarin itu debu vulkaniknya itu sudah menyebar ke wilayah Sulut sehingga sangat rawan bagi pernapasan, sehingga kita sarankan masyarakat keluar rumah wajib pakai masker," ujarnya.

(mir/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional