Ketua PDIP: Proses Legislasi DPR Periode Ini Terburuk dalam Sejarah

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 31 Jul 2024 20:50 WIB

Ketua DPP PDIP menilai bahwa proses legislasi di DPR RI selama periode 2024-2029 merupakan nan terburuk dalam sejarah. Elite PDIP Deddy Sitorus kritik proses legislasi di DPR periode 2024-2029. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP Deddy Yevry Sitorus menilai proses legislasi di DPR RI selama periode 2024-2029 merupakan nan terburuk dalam sejarah.

Menurut Deddy, keahlian legislasi DPR periode ini sama jelek dengan DPR periode sebelumnya. Dia terutama mengkritisi banyak proses legislasi nan sekarang lebih banyak dilakukan di Badan Legislasi (Baleg).

Imbasnya, ruang obrolan selama proses pembahasan UU sekarang mulai berkurang. Menurut Deddy, perihal itu berbeda jika proses pembahasan UU dilakukan lewat komisi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Makanya tadi saya menyebut bahwa DPR periode ini proses legislasi nan paling jelek dalam sejarah," kata Deddy dalam obrolan peringatan Reformasi di area SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (31/7).

"Sama kayak DPR kemarin lantaran tidak lagi ada proses melibatkan demokrasi. Tidak lagi obrolan di komisi-komisi. Langsung main ketok di Baleg," imbuhnya.

Namun, Deddy tak sependapat jika keahlian jelek DPR dalam periode ini disalahkan sepenuhnya pada satu fraksi. Sebab, DPR tidak sendiri dan terdiri dari banyak fraksi partai.

Deddy menjelaskan, meski partainya sekarang pemilik bangku terbanyak dan menduduki posisi sebagai ketua, perihal itu tak berfaedah banyak. Sebab, semua proses di DPR juga tetap melalui mekanisme.

"Walaupun PDIP paling banyak, anggotanya tapi bukan penguasa DPR. Ketua DPR itu hanya pimpinan. Bukan penguasa DPR," katanya.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional