Ketum Bicara Peluang PPP Lolos Parlemen: Ruang Perjuangan Masih Banyak

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 07 Jun 2024 09:17 WIB

Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono menyebut nan membatas kesempatan partainya lolos hanya tanggal pelantikan personil majelis Oktober mendatang. Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono tetap optimistis dengan kesempatan partainya lolos ke DPR RI. (Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono angkat bunyi soal kesempatan partainya lolos ke parlemen setelah banyak gugatan Pileg di Mahkamah Konstitusi (MK) ditolak.

Mardiono meyakini partainya tetap mempunyai kesempatan untuk lolos ke parlemen. Menurut dia, ruang perjuangan tetap terbuka lebar selama para personil majelis terpilih belum dilantik pada Oktober mendatang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi tetap berapa bulan? Empat bulan lagi. Masih panjang, ruang-ruang perjuangan itu tetap banyak," kata Mardiono di aktivitas Rapimnas PPP, Tangerang, Kamis (6/6).

Dia mengatakan bahwa ruang gugatan di MK tak pernah dibatasi waktu. Setiap penduduk negara bisa melayangkan gugatan ke MK kapanpun, termasuk oleh partainya.

Menurut Mardiono, pemisah waktu bagi partainya untuk lolos hanya ditentukan berasas waktu pelantikan personil majelis pada 1 Oktober mendatang. Sehingga, katanya, tetap ada waktu empat bulan bagi PPP untuk bisa lolos ke parlemen.

"Yang dibatasi tanggal bulan itu adalah pelantikan 1 Oktober terhadap para personil majelis terpilih, itu nan dibatasi. Tetapi hak-hak norma rakyat itu tidak dibatasi sampai kapan saja," katanya.

Mardiono karenanya mengaku tetap optimis PPP bisa lolos ke parlemen. Namun, dia enggan mengungkap upaya nan bakal dilakukan partainya untuk lolos setelah semua gugatan ditolak MK.

"Tap saya enggak mau ngomong ke rekan media, jika diomong caranya, kelak orang jadi tahu, ya. Tetapi, nan pasti kita bakal berjuang melalui jalur konstitusi, baik norma maupun politik," kata dia.

PPP berkesempatan besar tak bakal lolos ke parlemen setelah 7 gugatan mereka ditolak dalam sidang Dismissal MK pada 20-21 Mei lalu. MK tinggal membaca putusan final semua gugatan pileg dalam waktu dekat.

(thr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional