Khofifah Bicara soal Rekonsiliasi PKB Cak Imin dan Keluarga Gus Dur

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjawab soal wacana rekonsiliasi antara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan family besar Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Menurut Khofifah, orang pertama nan kudu ditanya soal rencana rekonsiliasi itu adalah Istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.

"Masih banyak Gusdurian nan juga memandang bahwa jika pun ada katakanlah islah alias rekonsiliasi nan sebaiknya ditanya pertama itu Bu Sinta," kata Khofifah dalam Podcast What the Fact! Politics, Rabu (8/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Khofifah memandang Sinta Nuriyah dan family Gus Dur pasti menjadi bagian nan ikut merasakan ketika Gus Dur kudu dikeluarkan dari PKB nan didirikannya.

Namun, Khofifah mengaku belum pernah membahas soal perihal ini berbareng Sinta Nuriyah. Ia mengatakan belakangan ini berjumpa Sinta hanya membahas beragam agenda aktivitas di bulan Ramadan lalu.

"Seorang Bu Sinta lho. Dengan misi kemanusiaan nan luar biasa merakit dan merajut antar penduduk bangsa, beda agama, beda suku, itu bagus menurut saya," ujar dia.

Saat disinggung soal Muktamar PKB, dia menyarankan Cak Imin dan jejeran sowan ke PBNU. Khofifah beranggapan PKB didirikan dan dibesarkan PBNU.

"Sebaiknya juga sowan ke PBNU. Karena PKB didirikan PBNU. Saat itu, Gus Dur sebagai Ketua Umum PBNU. Waktu itu, KH Ilyas Ruhiat sebagai Rais Aam PBNU," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Khofifah pun menegaskan tak pernah keluar dari PKB. Meski begitu, Khofifah tak mau menyebut dirinya sebagai politisi PKB lantaran tidak menjabat sebagai pengurus partai.

"Saya dibesarkan PPP kemudian saya dipanggil Gus Dur (Abdurrahman Wahid) jadi salah satu ketua PKB. Saya belum pernah keluar dari PKB sampai hari ini," kata Khofifah.

Sebelumnya, wacana islah antara Cak Imin dan family Gus Dur sempat dilontarkan oleh Ketua DPP PKB Ahmad Iman Sukri ketika datang dalam podcast What The Fact! Politics CNN Indonesia nan tayang 29 September 2023.

Bagi Iman, proses islah sangat mungkin terjadi lantaran Cak Imin dan putri Gus Dur, Yenny Wahid, lantaran tetap mempunyai jalinan keluarga.

"Pintu islah terbuka lah. Saya sebagai pribadi santri dan orang NU harapkan islah lah. Karena Gus Muhaimin dan Mbak Yenny itu saudara," kata Iman dalam podcast What The Fact! Politics CNN Indonesia nan tayang Jumat (29/9).

Iman juga menyinggung Cak Imin selama ini tak pernah menjelekkan orang lain, terutama keluarganya sendiri. Cak Imin diklaim mempunyai prinsip bahwa kebijaksanaan merupakan segala-galanya di atas politik.

"Orang NU tahu kok. Apa nan dilakukan Cak Imin, politik kehadirannya konkret kok. Saya percaya penduduk NU dominan dukung Cak Imin. Saya percaya enggak berapa lama lagi bakal islah kok. Karena mereka family lho," kata dia.

Bila ditarik ke belakang, bentrok internal PKB sempat terjadi antara barisan pendukung Gus Dur dan barisan pendukung Cak Imin pada 2008 silam.

Konflik kedua kubu pun berujung gelaran Musyawarah Luar Biasa (MLB) oleh dua kubu. Kubu Gus Dur menggelar MLB di Pesantren Ashriyah Nurul Iman, Bogor pada 30 April-1 Mei 2008. Sementara barisan Cak Imin menggelar MLB di salah satu hotel area Ancol pada 2-4 Mei 2008.

(rzr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional