Kirab Kembalikan Bendera Pusaka ke Monas Bisa Dilihat Warga Siang Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk menghindari area Monumen Nasional (Monas) dan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, menjelang kirab pengembalian salinan bendera Merah Putih dan naskah Proklamasi dari Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (31/8) siang.

Pengembalian bendera pusaka nan sudah dikibarkan di IKN untuk disimpan kembali di Monas itu pun bisa disaksikan penduduk pada siang ini, sekitar pukul 14.00 WIB.

"Kepada masyarakat pengguna jalan untuk menghindari area tersebut dan mencari rute pengganti lain guna menghindari kepadatan lampau lintas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Ade Ary Syam di Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepolisian juga tetap memandang kondisi di lapangan mengenai pengalihan lampau lintas saat pengembalian salinan bendera dan naskah Proklamasi berlangsung.

"Rekayasa lampau lintas berkarakter situasional memandang eskalasi di lapangan," kata Ade.

Ade mengatakan pengamanan kehadiran salinan bendera Sang Saka Merah Putih dan salinan Naskah Proklamasi dari IKN, Kalimantan Timur, menuju Monas siap dilaksanakan pada Sabtu.

Rangkaian kirab pengembalian salinan bendera Merah Putih itu dimulai pukul 13.00 WIB dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur untuk kemudian menuju Monas di Jakarta Pusat.

Sebanyak 40 personel campuran dari TNI, Polri hingga Satpol PP dikerahkan untuk pengamanan di area Monas.

Adapun prosesi kirab pengembalian salinan bendera dan naskah Proklamasi dari IKN ke Monumen Nasional (Monas) bisa disaksikan masyarakat sekitar pukul 14.00 WIB.

Selain rangkaian kirab, ada beragam panggung intermezo nan datang di beragam titik di sekitar area Monas. Ada tiga panggung intermezo nan disediakan, ialah di area Patung Kuda, di Jalan Medan Merdeka Selatan dan di Pintu Silang Tenggara Monas alias di depan Kedutaan AS.

Rute kirab pengembalian salinan bendera pusaka dan teks proklamasi di Jakarta dimulai dari Bandara Halim Perdana Kusuma melewati area Cawang, Simpang Susun Semanggi lampau lanjut ke area Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Selanjutnya, kirab melewati area Sarinah Thamrin, terus ke arah Patung Kuda menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan masuk Monas lewat Pintu Silang Tenggara Monas alias Pintu Gambir.

Kemudian, iring-iringan kirab menuju sisi Timur Monas untuk kemudian dikembalikan ke tempat penyimpanan bendera pusaka di Cawan Monas.

Sebelumnya, salinan bendera pusaka dan naskah proklamasi tersebut telah digunakan pada upacara kenegaraan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024.

Untuk pertama kalinya, barang berhistoris milik negara tersebut digunakan dalam prosesi resmi kenegaraan di luar Ibu Kota Jakarta. Setelah upacara di IKN selesai, salinan bendera dan naskah proklamasi kudu dipulangkan lagi ke tempat penyimpanannya di Monas.

(Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional