KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar Angkut 1.677 Penumpang

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

mir | CNN Indonesia

Minggu, 09 Jun 2024 12:45 WIB

KM Umsini nan terbakar saat bersandar di dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, membawa 1.677 penumpang. KM Umsini nan terbakar saat bersandar di dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. (ANTARA FOTO/HASRUL SAID)

Makassar, CNN Indonesia --

KM Umsini yang terbakar saat bersandar di dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, membawa 1.677 penumpang.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sejumlah penumpang kapal dengan tujuan Surabaya, Kijang dan Jakarta akan diangkut menggunakan kapal Pelni lainnya nan bakal melalui Makassar.

"Untuk penumpang tujuan Surabaya dan Kijang bakal diangkut menggunakan KM Labobar pada Selasa (11/6), sementara penumpang lanjutan ke Jakarta bakal dibawa KM Dorolonda di hari nan sama, seluruhnya berangkat dari Makassar," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto dalam keterangan persnya, Minggu (9/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Evan menebut api diduga berasal dari motor bantu. Sumber api pertama kali diketahui pukul 04.20 WITA nan diduga berasal dari percikan api di motor bantu nan berada di bilik mesin. Api sudah sukses dipadamkan pada pukul 09.03 WITA.

"ABK kapal dengan sigap berupaya melakukan pemadaman menggunakan perangkat pemadam CO2 nan tersedia di atas kapal, dan saat nan berbarengan menurunkan penumpang ke dermaga. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait," ungkapnya.

Dampak dan penyebab kebakaran sendiri bakal segera dilakukan pemeriksaan setelah proses pendinginan selesai. Evan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak nan membantu proses penanganan kebakaran, termasuk pihak pemadam kebakaran Kota Makassar nan sudah menyiagakan delapan unit mobil pemadam di dermaga saat kejadian terjadi.

"Kami minta maaf atas ketidaknyamanan nan dirasakan penumpang atas kejadian ini. Kami juga menghimbau kepada seluruh calon pengguna untuk dapat menyesuaikan perjalanannya. Informasi seputar pembatalan tiket, penyesuaian agenda maupun info lainnya dapat diperoleh melalui saluran resmi," pungkasnya.

(isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional