Komnas HAM Minta Tambah Anggaran 2025 Rp37,1 M, Rp5 M untuk Kawal IKN

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 12 Jun 2024 15:40 WIB

Komnas HAM mengusulkan tambahan anggaran Rp37,15 miliar untuk tahun 2025. Sebanyak Rp5 miliar untuk pengawasan pembangunan IKN. Ilustrasi. Komnas HAM mengusulkan tambahan anggaran Rp37,15 miliar untuk tahun 2025. Sebanyak Rp5 miliar untuk pengawasan pembangunan IKN. (CNN/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp37,15 miliar untuk tahun 2025.

Hal itu disampaikan Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dalam rapat dengan Komisi III DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (12/6).

"Komnas HAM berambisi Komisi III memberi support untuk realisasi usulan tambahan anggaran pada tahun 2025 sebesar Rp37,15 miliar," kata Atnike.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari total pengajuan tambahan anggaran itu, sebanyak Rp5 miliar diproyeksikan digunakan untuk kebutuhan pengawasan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) agar sesuai dengan prinsip HAM.

Pengawasan terhadap pembangunan IKN jadi salah satu dari tiga rencana kerja tambahan Komnas HAM untuk tahun 2025.

Ia pun menyampaikan pada akhir 2023, Komnas HAM telah menandatangani nota kesepahaman dengan OIKN.

"Dengan ruang lingkup, pertama pengamatan kewenangan asasi manusia dalam pembangunan IKN, penyusunan kajian HAM dalam pembangunan IKN, pengarusutamaan HAM dalam kebijakan pembangunan IKN, penguatan kesadaran HAM, dan support sarpras mandat Komnas HAM di IKN," ujarnya.

Sementara sisanya diproyeksikan untuk mengakomodasi kebutuhan kekurangan shopping pegawai, penguatan tugas dan kegunaan Komnas HAM, dan pemenuhan sarana dan prasarana.

(mnf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional