KPK Minta Kaesang Klarifikasi soal Jet Pribadi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memanggil putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep untuk dimintai penjelasan soal akomodasi pesawat jet pribadi nan digunakan berjalan ke Amerika Serikat (AS).

"Suratnya sedang dikonsep, surat undangan," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam bertemu pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (30/8).

Alex mengatakan KPK perlu mendapat keterangan dari Kaesang untuk memastikan info nan berkembang di masyarakat mengenai dugaan gratifikasi berangkaian dengan akomodasi tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alex menegaskan KPK bisa meminta penjelasan dari Kaesang meskipun dirinya saat ini bukan penyelenggara negara.

Hanya saja, Kaesang patut diduga berasosiasi dengan penyelenggara negara.

"Mengapa kami memerlukan penjelasan dari kerabat Kaesang mengenai perihal ini? Karena kami menduga patut diduga itu ada kaitannya dengan penyelenggara negara. Kan kita tahu orang tua dari Kaesang seperti itu," tutur Alex.

"Meskipun seseorang itu bukan penyelenggara negara, tetapi kami menduga ada kaitannya dengan penyelenggara negara," sambungnya.

Dalam beberapa kasus nan ditangani KPK, suap alias gratifikasi tidak diberikan langsung kepada penyelenggara negara. Dalam beragam kebenaran persidangan pun, lanjut Alex, terungkap penerimaan suap alias gratifikasi itu diatasnamakan orang lain.

"Tapi, pada intinya, untuk mengetahui apakah akomodasi itu gratifikasi alias bukan, KPK perlu penjelasan, perlu keterangan nan bersangkutan," ungkap Alex.

"Makanya kami perlu klarifikasi, kami perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat mengenai kerabat Kaesang tadi itu," sambungnya.

Ia menambahkan penjelasan tersebut tetap berada di ranah pencegahan dan pendidikan antikorupsi.

"Di mana letak instrumen pendidikan antikorupsinya? Kita tahu kerabat Kaesang menjadi Ketua PSI dan KPK beberapa waktu lampau sudah melakukan Pendidikan Politik Cerdas Berintegritas. Dalam rangka itulah kami mendorong kerabat Kaesang itu agar di dalam perilaku kehidupan sehari-hari maupun selaku ketua partai politik itu juga bisa menjadi role model nilai-nilai antikorupsi. Salah satunya hidup sederhana," kata Alex.

Sejauh ini, Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidilah Badrun telah melaporkan Kaesang ke KPK atas dugaan penerimaan gratifikasi berupa akomodasi jet pribadi. Laporan dilayangkan pada Rabu (28/8).

Di sisi lain, banyak dari warganet nan meminta KPK mendalami dugaan gratifikasi mengenai akomodasi pesawat jet pribadi nan dinikmati Kaesang.

(ryn/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional