KPU: Pilkada Satu Paslon Ada di 48 Daerah, Pendaftaran Diperpanjang

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 30 Agu 2024 15:53 WIB

KPU bakal memperpanjang pendaftaran Pilkada di 48 wilayah lantaran hanya ada satu pasangan calon terdaftar. KPU berambisi tak ada kotak kosong. Ilustrasi. KPU bakal memperpanjang di 48 wilayah nan baru ada satu pasangan calon terdaftar. Berharap tak ada kotak kosong. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan ada pasangan calon tunggal di 48 wilayah pada Pilkada 2024. Hal itu disimpulkan usai pendaftaran di seluruh wilayah ditutup pada Kamis (29/8) pukul 23.59.

Ketua KPU Mochamad Afifuddin mengatakan calon tunggal tersebar di beragam tingkatan. Salah satunya di Provinsi Papua Barat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pilkada dengan satu paslon terdapat di satu provinsi, 42 kabupaten, dan 5 kota. Total wilayah dengan satu pasangan calon 48 wilayah," kata Afif dalam bertemu pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (30/8).

KPU di 48 wilayah itu bakal memperpanjang masa pendaftaran. Dalam tiga hari ke depan, KPU di daerah-daerah itu bakal membuka sosialisasi kepada partai politik dan masyarakat.

Setelah itu, mereka bakal membuka kembali pendaftaran calon kepala wilayah pada 2-4 September.

Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan jika tetap ada parpol nan bisa mengusung calon lain, mereka dipersilakan mendaftarkan calon itu di masa perpanjangan pendaftaran.

Bila tidak ada parpol nan bisa mengusung calon lain lantaran periode batas, KPU membuka kesempatan bagi partai-partai nan sudah mencalonkan untuk menimbang ulang pilihannya.

"Kami beri kesempatan untuk merekomposisi koalisinya. Kami sebagai regulator teknis pilkada, punya kewenangan alias memberikan kesempatan agar pilkada tidak calon tunggal," ujarnya.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional