KSAL Sebut Prabowo Akan Beli Kapal Selam Canggih Scorpene dari Prancis

Sedang Trending 19 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 28 Sep 2024 12:45 WIB

KSAL Laksamana Muhammad Ali menyebut kapal selam Scorpene Evolved cukup canggih dari segi pendorongan maupun dari persenjataan. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah menjalin kerja sama dengan Prancis untuk pengadaan kapal selam. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah menjalin kerja sama dengan Prancis untuk pengadaan kapal selam.

Hal ini diungkap oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali usai upacara penyematan Brevet Hiu Kencana kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (28/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untuk kapal selam memang direncanakan oleh Bapak Menhan (Prabowo) adalah pengadaan dari Prancis ya, tapi bakal dikerjasamakan dengan galangan dalam negeri ialah PT PAL," ucap Ali.

Ali menyebut bakal ada kerja sama joint venture antara perusahaan Prancis Naval Group dengan PT PAL Indonesia (Persero) untuk membangun kapal selam Scorpene Evolved.

"Kapal selam Scorpene ini nan sudah evolved, nan terbaru. nan paling keluaran terakhir. nan sudah cukup canggih dari segi pendorongan maupun dari persenjataan," ujarnya.

Ali mengatakan pembuatan kapal selam dalam negeri belum mencukupi. Ali berambisi Indonesia bisa mempunyai sebanyak 12 kapal selam alias apalagi lebih.

Menurutnya, Prabowo sebagai presiden terpilih sudah memerintahkan untuk memperkuat jejeran angkatan laut, khususnya penambahan armada kapal selam dari negara lain.

"Dari Presiden Terpilih (Prabowo) juga sudah menyampaikan kepada saya, beliau mau perkuat jejeran angkatan laut, khususnya armada kapal selam juga tambah. Mungkin dari beragam negara nanti," katanya.

Sebelumnya Indonesia resmi meneken perjanjian pengadaan dua kapal selam Scorpene buatan Naval Group. Dalam keterangan resmi, Naval Group mengatakan Indonesia telah memesan dua kapal selam sebagai bagian dari perjanjian kerja sama pertahanan nan telah ditandatangani dengan Prancis pada 2021.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Naval Group bakal mentransfer teknologi kapal selam, sementara manajemen, operasi, dan pemeliharaan bakal dilakukan oleh Indonesia.

(del/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional