Kumpulkan Kepala Daerah, Jokowi Minta Anggaran Pilkada Segera Beres

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 14 Agu 2024 04:40 WIB

Jokowi menginstruksikan seluruh kepala wilayah menyelesaikan manajemen anggaran Pilkada 2024 lantaran bakal berjalan sejenak lagi. Presiden Jokowi menginstruksikan seluruh kepala wilayah menyelesaikan manajemen anggaran Pilkada 2024 lantaran kontestasi politik serentak itu bakal berjalan sejenak lagi. (Biro Pers Setpres/Biro Pers)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan seluruh kepala wilayah menyelesaikan manajemen anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 karena kontestasi politik serentak itu bakal berjalan sejenak lagi.

Arahan itu Jokowi sampaikan saat mengumpulkan gubernur, bupati, dan wali kota di Istana Garuda Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa (13/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang berangkaian dengan pilkada, saya minta urusan anggaran kudu segera selesai, anggaran untuk pilkada," kata Jokowi dikutip dari video nan diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Tak hanya soal anggaran, Jokowi juga meminta agar perihal nan berangkaian dengan keamanan Pilkada 2024 segera dikoordinasikan dengan Forkopimda setempat.

Jika wilayah ragu-ragu dan memerlukan tambahan kekuatan, Jokowi meminta agar ketua wilayah menyampaikan perihal tersebut kepada Kapolda hingga Kapolri.

"Karena ini belum pernah kita mempunyai pengalaman untuk melaksanakan pilkada serentak. Kalau dulu enggak serentak, bisa keamanan dibantu dari kabupaten, provinsi, alias wilayah lain," ujarnya.

KPU telah menetapkan agenda pemungutan bunyi Pilkada 2024 serentak bakal dilaksanakan pada 27 November 2024. Pendaftaran pasangan calon bakal dibuka pada 27-29 Agustus 2024.

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional