Laporkan soal Jet Pribadi, MAKI Minta KPK Dalami Keterangan Kaesang

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 18 Sep 2024 17:36 WIB

MAKI meminta KPK terus mendalami dugaan gratifikasi nan diterima Kaesang dan Erina. Ilustrasi. MAKI meminta KPK terus mendalami dugaan gratifikasi nan diterima Kaesang dan Erina. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengapresiasi kehadiran Kaesang Pangarep ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan penjelasan soal jet pribadi dalam perjalanan ke Amerika Serikat (AS).

MAKI sebelumnya melaporkan dugaan gratifikasi jet pribadi nan digunakan Kaesang itu ke KPK.

"Saya menyampaikan apresiasi atas kehadiran Kaesang ke KPK dan ini bakal memudahkan semuanya, termasuk memudahkan KPK untuk mendalami dugaan gratifikasi," kata Boyamin dikutip dari Antara, Rabu (18/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Boyamin berambisi KPK bakal segera menuntaskan kajian atas penjelasan nan disampaikan Kaesang untuk menentukan apakah akomodasi jet pribadi itu corak gratifikasi alias bukan.

Dia pun menilai kehadiran Kaesang ke Gedung KPK bisa menjadi teladan bagi pejabat ataupun family pejabat jika menerima akomodasi apa pun dari pihak lain.

"Kaesang nan bersedia datang, dan ini bisa menjadi teladan dan contoh bagi pejabat alias family pejabat nan menerima akomodasi apapun itu melaporkan kepada KPK," ujarnya.

Jika jet pribadi itu dinyatakan sebagai gratifikasi oleh KPK, Boyamin berambisi Kaesang mengembalikan nominal nan setara dengan akomodasi nan diterimanya kepada negara.

Kaesang nan merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi instansi KPK pada Selasa (17/9). Ia didampingi Jubir Francine Widjojo, Kuasa Hukum Nasrullah, dan Wakil Menteri ATR/BPN sekaligus Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni.

Ia mengaku datang atas inisiatif pribadi untuk memberikan penjelasan sekaligus konsultasi soal dugaan gratifikasi berupa jet pribadi nan dialamatkan kepadanya.

Dugaan gratifikasi itu mulanya terungkap dari unggahan sang istri, Erina Gudono, di akun IG @erinagudono.

Erina membagikan foto perjalanannya ke AS dan style hidup mewahnya saat tiba di sana. Pesawat nan digunakan Erina dan Kaesang diduga merupakan jet pribadi lantaran mempunyai corak jendela pesawat nan berbeda dari biasanya.

Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

KPK kemudian mengungkapkan Kaesang ikut serta namalain nebeng jet pribadi sang kawan berinisial Y menuju AS pada 18 Agustus 2024. Hal ini berasas keterangan Kaesang saat memberikan klarifikasi.

KPK bakal mendalami lebih lanjut info dari Kaesang. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan pun menyatakan tak mengetahui apakah Y merupakan WNI alias WNA.

Selain itu, Pahala juga tetap belum mengetahui pasti siapa pemilik jet pribadi nan membawa Kaesang dan rombongan ke AS.

(tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional