Long Weekend Pekan Ini, PT KAI Siapkan 739 Ribu Kursi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias PT KAI menyiapkan sebanyak 739.782 bangku selama libur panjang periode 8 hingga 12 Mei 2024 . Adapun total kereta api nan bakal beraksi mencapai 1.509 kereta, nan terdiri dari 1.101 kereta api jarak jauh dan 408 kereta api lokal.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, berasas pantauan pada Selasa, 7 Mei 2024 total tiket kereta api nan sudah terjual untuk periode libur panjang sebanyak 439.433 tiket. Rata-rata tiket terjual per harinya mencapai 87.887 tiket.

"Jumlah itu telah mencapai 59 persen dari total keseluruhan tiket kereta api nan dijual," kata Joni dalam keterangan tertulis, Rabu, 7 Mei 2024. Menurut dia, jumlah itu tetap dimungkinkan terus meningkat seiring dengan mendekati masa libur panjang alias long weekend.

Selain itu, KAI juga menambah enam perjalanan kereta api jarak jauh pada periode libur panjang pekan ini dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Adapun kereta api nan ditambah untuk beraksi selama 8 hingga 12 Mei 2024 di antaranya empat perjalanan untuk KA Argo Cheribon relasi Gambir-Cirebon (PP) dan dua perjalanan KA Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir-Bandung (PP).

"Penambahan gelombang perjalanan kereta api ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pengguna pada libur panjang akhir pekan di awal Mei 2024," ujarnya.

Ia mengungkapkan, bahwa adanya peningkatan jumlah perjalanan kereta api ini sebagai bentuk komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Joni mengimbau kepada masyarakat nan berencana berjalan di periode libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan belum mempunyai tiket agar segera membelinya lewat aplikasi KAI Acces, laman kai.id, serta saluran lain nan bekerja sama dengan KAI.

Iklan

"Jika tiket nan diinginkan sudah habis, pengguna dapat memilih tanggal dan rute pengganti alias memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI," ucapnya. Ia mengatakan, bahwa fitur itu bakal membantu pengguna KAI memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan agenda kereta nan berkarakter persambungan.

Adapun rute favorit masyarakat pada periode libur panjang Kenaikan Isa Almasih pekan ini di antaranya Jakarta-Surabaya (PP), Jakarta-Solo (PP), Jakarta-Malang (PP), Yogyakarta-Banyuwangi (PP), dan Blitar-Bandung (PP). Joni memastikan bahwa KAI bakal melayani masyarakat dengan kondusif dan bebas macet di jalan raya selama libur panjang ini.

"Sehingga momen liburan berbareng family alias relasi dapat dinikmati pengguna dengan nyaman dan menyenangkan," katanya.

Pilihan Editor: Cuti Bersama Akhir Pekan, PT KAI Sediakan KA Lodaya Tambahan dari Bandung

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis