LRT Melakukan Penyesuaian Jadwal, Ada 348 Perjalanan di Hari Kerja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan penyesuaian agenda perjalanan LRT Jabodetabek mulai Rabu, 25 September 2024. Penyesuaian agenda bermaksud meningkatkan efektivitas pola operasi, dengan tetap mendukung kebutuhan pengguna pada jam-jam sibuk dan juga memaksimalkan perawatan kereta. 

 LRT Jabodetabek sekarang mengoperasikan 348 perjalanan setiap hari kerja. Sementara itu, pada akhir pekan, jumlah perjalanan tetap sebanyak 260 dalam sehari. "Jadwal tetap diprioritaskan untuk mendukung pengguna pada jam sibuk dengan pola operasi nan lebih efisien dan tepat waktu," ujar Manager Public Relations LRT Jabodetabek, Mahendro Trang Bawono dalam keterangan tertulis nan diterima Tempo, Rabu, 25 September 2024.

Mahendro mengatakan, pihaknya mencatat volume pengguna LRT Jabodetabek pada hari kerja di bulan September mencapai rata-rata 79.247 pengguna per hari. Adapun waktu paling padat terjadi pada pukul 06.00–08.00 saat pagi hari serta pukul 16.00–19.00 pada sore hari. Menurut Mahendro, penyesuaian operasi LRT berasal dari perimbangan kondisi kepadatan. "Sejak beraksi LRT Jabodebek telah menjadi pilihan mobilisasi pekerja. Tentu penyesuaian operasi LRT Jabodebek sangat mempertimbangkan kondisi ini," katanya.

Selanjutnya, penyesuaian dilakukan berasas hasil pertimbangan nan menunjukkan jumlah perjalanan saat ini telah mencukupi untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, khususnya pada jam sibuk. Pihaknya memanfaatkan penyesuaian ini untuk menjaga kehandalan operasional baik sarana maupun prasarana LRT Jabodebek.

“Penyesuaian ini adalah bagian dari upaya kami untuk mengoptimalkan pola operasi, sehingga operasional LRT Jabodebek dapat melangkah lebih efisien sembari tetap memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna,” ujar Mahendro. Saat ini operasional LRT Jabodebek sudah beraksi sampai pukul 22.49 untuk Dukuh Atas – Jatimulya, dan pukul 22.55 untuk Dukuh atas – Harjamukti. Adapun agenda keberangkatan LRT Jabodebek adalah sebagai berikut.

Keberangkatan Pertama:

- Jatimulya - Dukuh Atas: 05.22 WIB

- Harjamukti - Dukuh Atas: 05.30 WIB

- Dukuh Atas - Harjamukti: 06.22 WIB

Iklan

- Dukuh Atas - Jatimulya: 06.17 WIB

Keberangkatan Terakhir:

- Jatimulya - Dukuh Atas: 21.56 WIB

- Harjamukti - Dukuh Atas: 22.04 WIB

- Dukuh Atas - Harjamukti: 22.55 WIB

- Dukuh Atas - Jatimulya: 22.49 WIB

Pilihan EditorKubu Arsjad Rasjid Minta Pengadilan Batalkan Hasil Munaslub, Anindya Bakrie: Itu Forum Tertinggi Kadin

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis