Melihat Isi Sumpah Prabowo-Gibran saat Dilantik Jadi Presiden-Wapres

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

ENSIKLOPEMILU

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 06:26 WIB

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming bakal dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Oktober mendatang. Prabowo-Gibran bakal dilantik jadi presiden-wapres Oktober 2024. (Detikcom/Agil Trisetiawan Putra)

Jakarta, CNN Indonesia --

KPU telah menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pilpres 2024.

Sebelum mengemban kedudukan sebagai presiden dan wakil presiden, Prabowo-Gibran kudu membacakan sumpah dan janji di hadapan sidang paripurna MPR sekaligus sebagai prosesi pelantikannya sebagai presiden dan wakil presiden.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, agenda pelantikan alias pengucapan sumpah/janji bagi Prabowo-Gibran bakal dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan pasal 429 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur isi sumpah dan janji presiden dan wakil presiden nan kudu dibacakan oleh Prabowo-Gibran.

Bunyi sumpah presiden dan wakil presiden:

"Demi Allah, saya berjanji bakal memenuhi tanggungjawab Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berkhidmat kepada nusa dan bangsa."

Bunyi janji presiden dan wakil presiden:

"Saya berjanji dengan sungguh-sungguh bakal memenuhi tanggungjawab Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berkhidmat kepada nusa dan bangsa."

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh bunyi sebanyak 96.214.691 alias 58,59 persen di Pilpres 2024 lalu. Dari hasil itu, pasangan ini sukses meraih kemenangan satu putaran.

Sementara rivalnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh bunyi 40.971.906 alias 24,95 persen. Kemudian pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md berada di urutan ketiga dengan bunyi sebanyak 27.040.878 alias 16,47 persen.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional