Melongok ke Dalam Club House di Lingkungan Rumah Dinas Menteri di IKN

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Penajam -  Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara alias IKN, Danis Sumadilaga menjelaskan kondisi terkini dalam pembangunan rumah tapak kedudukan menteri di ibu kota baru.

Saat ini, kata Danis, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan satu unit club house dan pengisian perabotan di 12 unit rumah dinas menteri di IKN. "Rumah menteri sebanyak 14 dari 36 unit sudah siap furnished," ujarnya, Selasa, 30 Juli 2024, seperti dikutip dari Antara.

Adapun Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) berlokasi di Jalan Sumbu Barat berjarak sekitar 1 kilometer dari Istana Negara IKN. Akses jalan dari arah Istana Negara IKN menuju ke letak RTJM tersebut belum seluruhnya dibeton, selain Jalan Sumbu Barat nan telah berbeton di satu jalurnya.

Danis menyebut Kawasan RTJM juga telah ditunjang prasarana fungsional, ialah jalan area di persil 105, persil 105, pedestrian persil 105. Selain itu, ada akomodasi pendukung fungsional ialah pool sampah hingga rumah genset.

Adapun pembangunan rumah dinas menteri di IKN didesain dengan merespons kondisi topografi berkontur, terdiri atas dua jenis rumah nan mengikuti kontur lahan. Tiper pertama ialah jenis upslope atau lantai rumah di atas jalan, dan jenis kedua ialah downslope dengan lantai ruangan di bawah as jalan.

Iklan

Namun ruangan di dalam rumah menteri tidak dapat diekspos karena tetap dalam proses pembenahan setelah Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan sejumlah menteri bermalam di rumah nan telah rampung dibangun, Senin lalu.

Tak jauh dari salah satu rumah menteri nan digunakan Jokowi menginap, terdapat satu unit club house yang menyisakan pengerjaan pernis pada tembok depan bermotif batu. Club house dengan gedung memanjang serta berdesain modern kontemporer itu menjadi akomodasi para menteri di tengah klaster perumahan untuk beraktivitas, dan juga tersedia anjungan dengan jarak pandang ke area IKN.

Pada ruangan utama club house di IKN itu terdapat deretan sofa dan meja berikut meja kopi nan di sampingnya sedang dibangun akomodasi kolam renang.

Pilihan Editor: Santer Isu Prabowo Tambah Kementerian, Rumah Dinas Menteri di IKN Bakal Ditambah?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis