Menag Yaqut: Masih Ada 46 Jemaah Haji Dirawat di Arab Saudi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tetap ada 46 jemaah nan dirawat di Arab Saudi. Para jemaah itu diklaim tidak bakal dikenakan biaya perawatan.

"Hingga akhir operasional ini berlangsung, ada 46 jemaah haji nan tetap dirawat di Arab Saudi. Jemaah nan sakit ini bakal terus kami pantau melalui Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah. Dan selama perawatan, jemaah tidak bakal dikenakan biaya," ujar Yaqut di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (25/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam kesempatan itu, Yaqut menyampaikan bahwa seluruh fase penyelenggaraan ibadah haji 2024 telah melangkah dengan baik. Mulai dari pemberangkatan, puncak haji, hingga pemulangan jemaah haji.

"Dari 213.320 kuota, ada 213.275 jemaah haji reguler nan berangkat ke Arab Saudi dari 12 Mei-11 Juni 2024. Hanya 45 kuota tidak terserap," kata Yaqut.

Selain itu, Yaqut mengatakan puncak haji di Armuzna pada 14-19 Juni 2024 juga melangkah lancar. Ia menyatakan skema murur nan pertama kali dijalankan melangkah sukses.

Dari 21 Juni-22 Juli 2024, Yaqut menyebut sebanyak 212.720 jemaah nan dipulangkan ke Tanah Air melalui 553 kloter.

Menurut Yaqut, penyelenggaraan haji tahun ini lebih baik dari tahun-tahun lalu.

"Perlu juga kami sampaikan, dan ini tidak terlalu berlebihan juga saya kira jika disebut Haji 2024 in sukses dan jauh lebih baik dari tahun tahun-tahun sebelumnya," jelas Yaqut.

Hal itu bertalian dengan sejumlah parameter nan diformulasikan dengan skema 4-3-5, ialah empat serba perdana di Haji 2024, tiga pengembangan ekosistem potensi ekonomi Haji, dan lima penemuan Haji 2024.

Yaqut turut menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak nan terlibat dalam penyelenggaraan haji. Mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Pemerintah Arab Saudi, Komisi VIII DPR, petugas haji, kementerian/lembaga, TNI/Polri, seluruh jemaah haji, hingga awak media.

Yaqut berambisi semua jemaah memperoleh haji mabrur dan haji mabruroh. Selain itu, Yaqut berambisi agar jemaah haji dapat memberi warna dalam kehidupan masyarakat nan lebih baik. Tak lupa, Yaqut juga mendoakan jemaah nan wafat dalam penyelenggaraan haji.

"Jika ada kekurangan di sana sini, tentu kesempurnaan hanya milik Allah SWT," imbuh Yaqut.

(pop/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional